Bersinergi membangun negeri demi generasi selanjutnya

Profil

Mining Industry Indonesia (MIND ID) adalah Holding Industri Pertambangan Indonesia yang beranggotakan PT ANTAM Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero), dan PT Timah Tbk.

Kami hadir untuk mengeksplorasi, menjelajah, dan mencari. Mencari cara dan inovasi baru untuk memperoleh, mempelajari, dan mengelola potensi kekayaan sumber daya mineral dan batubara Indonesia dan industri pengolahannya, hingga memasarkan berbagai produk mineral tambang untuk menjadi sumber kebaikan untuk kemajuan bersama.

MIND ID adalah wajah Indonesia yang kaya akan sumber daya dan kaya akan talenta dari putra-putri Indonesia yang siap berkarya dan bersinergi memberikan yang terbaik bagi negeri.

MIND ID hadir untuk kemakmuran Indonesia, kemajuan peradaban dunia, dan masa depan yang lebih baik.

Sejarah

Pada tanggal 27 November 2017, PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero), atau INALUM, resmi menjadi Holding BUMN Industri Pertambangan dengan menguasai saham milik pemerintah Indonesia di PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Timah Tbk, dan PT Freeport Indonesia.

Pada tanggal 17 Agustus 2019, INALUM sebagai Holding menghadirkan identitas baru yang membedakan antara fungsi Holding dan fungsi operasional peleburan aluminium.

Struktur

Ikhtisar Kinerja Keuangan

2020 Change (%) 2019
REVENUE Rp 66.57 T Rp 80.63 T
EBITDA Rp 11.26 T Rp 8.42 T
EBITDA MARGIN Rp 16.9 % Rp 10.4 %
NET INCOME Rp 1.82 T Rp 0.025 T
NET PROFIT MARGIN 2.7 % Rp 0.03 %
RoE ANNUALIZED 2.5 % 0.03 %
ASSETS Rp 180.8 T Rp 164.8 T
CASH Rp 28.0 T Rp 21.0 T
INTEREST BEARING DEBT Rp 91.4 T Rp 76.2 T
EQUITY Rp 72.6 T Rp 71.8 T
DEBT TO EQUITY RATIO (DER) 1.3 X 1.1 X
NET DEBT TO EBITDA 5.63 X 6.57 x

Pendapatan

Dewan Komisaris

Doni Monardo

Komisaris Utama / Independen

Seorang purnawirawan TNI Angkatan Darat dengan pangkat terakhir adalah Letnan Jenderal. Alumnus Akademi Militer tahun 1985 ini pernah menjabat Komandan Paspampres (2012), Komandan Jenderal Kopassus (2014), Panglima Kodam XVI/Pattimura (2015-2017), Panglima Kodam III/Siliwangi (2017), Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (2018) dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (2019-2021). Perwira tinggi TNI yang konsisten dengan aksi dan gerakannya untuk menanam banyak pohon, melindungi ekosistem dan membangun gerakan kepedulian terhadap lingkungan hidup. Mendapat gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) bidang sumberdaya alam dan lingkungan dari IPB University karena dinilai memiliki karya, dedikasi dan kontribusi yang luar biasa di bidang ilmu lingkungan dan sumber daya alam. Ditunjuk sebagai Komisaris Utama/Independen PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) sejak tanggal 10 Juni 2021.

MUHAMMAD MUNIR

Komisaris Independen

Merupakan lulusan Akademi Militer di Magelang tahun 1983 berasal dari Kecabangan Infanteri. Dalam pengalamannya, pernah menjabat Wakasad pada tahun 2013 hingga 2015, menjabat sebagai Ajudan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, Kasdivif 1/Kostrad, Kasdam Jaya, Pangdivif 2/Kostrad, Pangdam III/Siliwangi, Pangkostrad, Wakasad, Pati Mabes TNI serta sebagai Sekjen Wantannas hingga tahun 2016. Saat ini menjabat sebagai ketua dewan ahli di Badan Intelijen Negara (BIN).

RIDWAN DJAMALUDDIN

Komisaris

Lulus dari Fakultas Teknik Institut Teknologi Bandung, Jurusan Teknik Geologi, Angkatan 1982, lalu melanjutkan pendidikan pada program Master of Science dari International Institute for Aerospace and Earth Sciences, Enschede, The Netherlands pada tahun 1993 dan berhasil meraih gelar Doctor of Philosophy di Geology / Earth Science dari Texas A&M University pada tahun 1999.
Dalam karir profesionalnya pernah menjabat sebagai Deputi Bidang Infrastruktur, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman sejak 2015 - 2020. Saat ini menjabat sebagai Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia.

ILYAS ASAAD

Komisaris

Lulus dari Program Doktor Hukum Universitas Trisakti. Dalam karier profesionalnya, pernah menjabat berbagai posisi di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai Deputi Penataan Lingkungan, Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat, Staf Ahli Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bidang Kelembagaan Hubungan antar Pusat dan Daerah, Inspektur Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Tenaga Ahli Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bidang Legislasi, Legal dan Advokasi.

Alex Denni

Komisaris

Lulus dari Program Doktor Institut Pertanian Bogor pada 2011. Dalam karir profesionalnya pernah menjabat sebagai Chief Learning Officer Bank Mandiri, Chief Transformation Officer Dharma Satya Nusantara Group, Chief Human Capital Officer Bank Negara Indonesia, Chief HC & Transformation Officer Jasa Marga, lalu menjabat sebagai Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN. Saat ini menjabat sebagai Deputi SDM Aparatur Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

RENDI AKHMAD WITULAR

Komisaris

Meraih gelar Master of Business Administration di bidang International Business and Management, Hanzehogeschool, Groningen, Belanda pada tahun 2008 dan Sarjana Sastra Inggris dari Universitas Gadjah Mada pada tahun 2000, saat ini menjabat sebagai Staf Khusus Menteri Kesehatan Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Media.
Dalam karir profesionalnya pernah menjabat sebagai Corporate Secretary MIND ID dan juga Managing Editor The Jakarta Post serta Head of Investigative Desk The Jakarta Post.

Dewan Direksi

ORIAS PETRUS MOEDAK

Group CEO MIND ID

Meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Fakultas Ekonomi, Jurusan Akuntansi Universitas Padjajaran, Bandung, Jawa Barat pada 1990 dan mengikuti pelatihan National Security and Country Resilience, Pandemic Crisis Management, dan Port Senior Management di Galilee International Management Institute, Israel; Coaltrans School of Coal, di St Annes College, Oxford, UK, APAC Port Management, dan APAC Container Terminal Management di Antwerp, Belgia.
Dalam karir profesionalnya pernah menjabat sebagai Direktur Utama Pelindo III, Direktur Keuangan Pelindo II, Direktur Keuangan PT Bukit Asam Tbk, Direktur Keuangan PT Inalum (Persero), Wakil Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Managing Director Daiwa Capital Markets Singapore Ltd., Presiden Direktur PT Reliance Securities Tbk, Direktur Danareksa Sekuritas, Direktur Bahan Artha Ventura, Direktur Bahana Securities, Senior Auditor Ernst & Young, dan saat ini menjabat sebagai Group CEO Mining Industry Indonesia.

OGI PRASTOMIYONO

Direktur Layanan Strategis

Meraih gelar Sarjana Teknologi Pertanian atau Sarjana Teknologi Industri Pertanian dari Institut Pertanian Bogor pada tahun 1984 serta gelar Master of Business Administration dari University of Notre Dame pada tahun 1994.
Dalam karier profesionalnya, pernah menjabat berbagai posisi penting seperti Direktur Compliance & Human Capital PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (2008-2014), Direktur Compliance & Legal PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (2014-2015), Direktur Risk Management & Compliance PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (2015), Direktur Technology & Operations PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (2015-2016), dan Direktur Operations PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (2016-2018).

DANY AMRUL ICHDAN

Direktur Hubungan Kelembagaan

Lulus dari S1 Manajemen Ekonomi, Universitas Lampung (1998), dan melanjutkan pendidikan dengan gelar Magister Manajemen Strategis Universitas Padjadjaran (2000), dan berhasil meraih gelar Doktor dari S3 Business and Corporate Strategic Management, Universitas Padjadjaran (2011).
Dalam karir profesionalnya pernah menjabat sebagai Presiden Direktur PT Pertamedika - IHC (Indonesia Healthcare Corporation), Presiden Direktur PT Pertamedika Sentul, Vice President PT Pertamedika - IHC (Indonesia Healthcare Corporation), Corporate Advisor di PT Biofarma (Persero), serta pengajar dan penguji program doktor pada Doktor Manajemen Bisnis Universitas Padjadjaran.

NORMANSYAH DULIAR

Direktur Transformasi dan Pengembangan Usaha

Meraih gelar Bachelor dibidang Keuangan (Commence in Finance), Universitas New South Wales,Australia. Dalam karir profesionalnya, pernah menjabat sebagai Associate Director, Investment Banking di PT Danareksa Sekuritas, lalu menjadi Director Investment Banking PT Reliance Securities Tbk, serta sebagai Presiden Direktur PT Syailendra Asia. Bergabung dengan MIND ID sebagai Kepala Divisi Corporate Development sejak Februari 2019.

SOPHIA ISABELLA WATTIMENA

Direktur Pelaksana

Meraih gelar sarjana Fakultas Ekonomi, Jurusan Akutansi, Universitas Gajah Mada pada tahun 1995, lalu melanjutkan pendidikan dengan gelar Master of Business Administration dari Leiden University School Of Management pada tahun 2002 dan Kuhne Logistics University, Hamburg pada tahun 2017.
Dalam karir profesionalnya, pernah menjabat sebagai SVP Perencanaan & Pengendalian Keuangan Kantor Pusat PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) (2016-2017), Direktur Operasi dan Keuangan PT Pelabuhan Indonesia Investama (2017-2019), Direktur Keuangan dan SDM PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (2019-2020), serta SEVP Keuangan Operasional PT INALUM (Persero).