Press Release

Ditengah Pandemi MIND ID Inisiasi Program Rekrutmen Akselerasi Manajemen XPLORER

20 July 2021

Jakarta, 21 Juli 2021 - BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, atau Mining Industry Indonesia, yang beranggotakan diantaranya PT ANTAM Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero) dan PT Timah Tbk, meluncurkan XPLORER, sebuah program akselerasi manajemen yang ditujukan bagi talenta muda Indonesia. Inisiasi ini merupakan komitmen MIND ID di bidang pengembangan sumber daya manusia.

Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan, “Indonesia memerlukan pemimpin muda untuk menggerakkan inovasi dan transformasi dengan tuntutan perubahan yang besar. Kita memerlukan talenta yang memiliki kapabilitas dan bekerja dengan AKHLAK yang merupakan core value BUMN. XPLORER program merupakan platform yang baik untuk menjaring talenta terbaik Indonesia dan mencetak pemimpin muda yang memiliki kapabilitas kepemimpinan kelas dunia.”

Program XPLORER memiliki manfaat bagi pesertanya yakni: (1) Kesempatan untuk belajar, mengembangkan cara berpikir, meningkatkan kemampuan dan keahlian dengan terlibat dalam proyek strategis; (2) Dapat bertumbuh dan memiliki karir yang terakselerasi dengan cepat; dan (3) Berpartisipasi membangun Indonesia dengan berkontribusi secara aktif dan positif.

CEO Grup MIND ID, Orias Petrus Moedak mengatakan “XPLORER program secara sistematis akan membentuk sumber daya manusia yang unggul bagi MIND ID. Program ini akan menyiapkan pemimpin masa depan melalui peningkatan kapabilitas operasional dan pengenalan Grup MIND ID secara utuh serta melihat langsung budaya unggul yang diterapkan di perusahaan.”

Direktur Layanan Strategis MIND ID, Ogi Prastomiyono menjelaskan “Sumber daya manusia Grup MIND ID merupakan salah satu aset strategis Perusahaan. Program ini akan meningkatkan kompetensi, membentuk nilai dan budaya serta menyediakan alternatif bidang untuk berkarya di Grup MIND ID. Perusahaan memastikan pengembangan human capital harus tetap berjalan meskipun ditengah pandemi COVID-19.”

Pendaftaran XPLORER dibuka pada periode 21 Juli 2021 sampai dengan 20 Agustus 2021. Terdapat lima tahapan seleksi yang akan dilaksanakan selama dua bulan yakni Pendaftaran online & situational judgement questions; Tes kognitif dan kepribadian secara online; Presentasi dan interview studi kasus; Pemeriksaan kesehatan; dan Wawancara akhir dengan Direksi MIND ID.

Setelah menjalani proses seleksi, talenta muda yang terpilih akan menjalani dua tahun masa pengembangan di program XPLORER. Pada 2 bulan pertama peserta akan melewati proses Onboarding & Activation yaitu pembekalan seputar proses bisnis MIND ID dan berbagai skill yang diperlukan. Lalu 17 bulan berikutnya peserta akan melaksanakan rotasi kerja ke 4 posisi yang berbeda, dan 4 hingga 5 bulan berikutnya peserta akan fokus mengerjakan proyek berbasis inovasi.

Setelah dinyatakan lulus program XPLORER, peserta akan menjadi pegawai tetap Grup MIND ID. Selama mengikuti program ini peserta berkesempatan mengeksplorasi 6 organisasi yakni MIND ID, ANTAM, Bukit Asam, Freeport Indonesia, Inalum dan TIMAH. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai program XPLORER

Hubungi MIND ID,
Tim kami akan membantu Anda

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang produk dan investasi, silahkan tinggalkan pesan atau menghubungi nomor yang tertera.

Hubungi Kami