Press Release

Grup MIND ID Ujicoba Aplikasi Digital Untuk Kelola Limbah Pertambangan

29 March 2022

Jakarta, 25 Maret 2022 – BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, atau Mining Industry Indonesia, yang beranggotakan di antaranya PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero) dan PT Timah Tbk melakukan ujicoba aplikasi digital untuk meningkatkan efektifitas pengelolaan air limbah tambang. Aplikasi MASTERMINE yang sedang dikembangkan akan mempermudah monitoring kualitas air limbah tambang melalui perubahan dari manual menjadi digital.

Direktur Pengembangan Usaha MIND ID, Dilo Seno Widagdo mengatakan: “Transformasi digital sudah menjadi salah satu tema strategis utama MIND ID yakni Meningkatkan daya saing biaya melalui digital (improve cost competitiveness with digital). Perusahaan berupaya mengaplikasikan teknologi mutakhir dan penerapan digitalisasi pada seluruh lini rantai nilai untuk dapat menciptakan penghematan biaya dan keberlangsungan usaha.”

Pengembangan aplikasi MASTERMINE dilatarbelakangi oleh kebutuhan tata kelola limbah sebagai komitmen pelaksanaan pratik-praktik penambangan yang baik (good mining practices). Sebagai perusahaan pengelola sumber daya alam, operasi penambangan dan pengolahan mineral Grup MIND ID menghasilkan produk samping yang memerlukan penanganan dengan tingkat prioritas tinggi. Waste treatment merupakan salah satu elemen biaya operasional penambangan yang cukup tinggi.  Aplikasi MASTERMINE diharapkan akan menghasilkan nilai efisiensi 10-20% dari total biaya pengolahan air limbah tambang.

Filosofi dasar MASTERMINE adalah sistem terintegrasi secara chemical dan digital untuk dapat mengolah, memonitor, dan mengontrol sistem pengolahan air limbah tambang secara online dan mudah digunakan. Pekerja tambang dapat memantau kualitas air limbah tambang dan mengatur dosis reagen yang diinjeksikan ke dalam air limbah tambang secara real time.

MASTERMINE juga memiliki fitur alert & notification yang berfungsi untuk memberikan peringatan kepada pekerja ketika terjadi penurunan kualitas air limbah tambang, sehingga dapat langsung mengambil tindakan korektif dengan mengatur dosis reagen lebih lanjut. Proses ini memastikan konsistensi air limbah tambang berada dalam baku mutu sesuai peraturan yang berlaku, secara digital.

MASTERMINE merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh tim POWERxWIT - pemenang kompetisi MIND ID Goes Digital tahun 2021. Aplikasi karya anak bangsa ini sedang di ujicoba di PT Bukit Asam Tbk (Bukit Asam) dan diharapkan akan full operating pada kuartal-4 tahun 2022.

Rhesa Avila Zainal, Hustler POWERxWIT mengatakan: “Aplikasi MASTERMINE membuktikan karya anak bangsa dapat mendukung kemajuan industri pertambangan di Indonesia. Di masa depan iklim digitalisasi industri pertambangan akan lebih tinggi, operasi tambang lebih efisien dan lebih ramah lingkungan. Penggunaan aplikasi digital harus menjadi prioritas seluruh pelaku usaha pertambangan minerba di Indonesia”.

Tentang MIND ID

Holding Industri Pertambangan resmi dibentuk pada 27 November 2017 dengan menggunakan PT Indonesia Asahan Aluminimum (Persero) sebagai induk perusahaan yang memiliki mayoritas saham pada empat perusahaan industri tambang terbesar di Indonesia yaitu PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Timah Tbk dan PT Freeport Indonesia. Pada 17 Agustus 2019, Holding Industri Pertambangan bertransformasi menjadi MIND ID (Mining Industry Indonesia) untuk membedakan fungsi INALUM sebagai Holding dan sebagai Operasional.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Heri Yusuf

SVP Corporate Secretary
PT Inalum (Persero) Holding Industri Pertambangan

Email: heri.yusuf@mind.id

www.mind.id

Hubungi MIND ID,
Tim kami akan membantu Anda

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang produk dan investasi, silahkan tinggalkan pesan atau menghubungi nomor yang tertera.

Hubungi Kami