Press Release

Hari Pelanggan Nasional 2023: Kerja MIND ID Jaga Keamanan Konsumen dan Perkuat Transformasi Digital

4 September 2023

Jakarta, 4 September 2023 – Setiap 4 September diperingati sebagai Hari Pelanggan Nasional atau Harpelnas. Tahun ini, Harpelnas jatuh pada Senin, 4 September 2023. Harpelnas merupakan perayaan momen penting untuk menghargai peran konsumen dalam dinamika ekonomi dan bisnis. 

BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID ikut terlibat dalam merayakan Harpelnas melalui berbagai program keamanan dan kepuasan pelanggan yang selama ini menjadi salah satu prioritas Grup MIND ID. 

MIND ID memastikan komitmennya dalam menjaga keamanan dan kepuasan pelanggan. Untuk menggapai hal tersebut, MIND ID menjalankan beberapa strategi melalui penerapan standar kerja ketat di seluruh area operasional termasuk di area pertambangan, pabrik pengolahan, hingga proses pengiriman.

Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf mengatakan seluruh produk yang dihasilkan oleh Grup MIND ID sudah melalui proses penilaian dan uji kepatuhan. Alhasil, selama tahun pelaporan tidak ditemukan pelanggaran kepatuhan terkait produk yang dihasilkan oleh anggota Grup MIND ID. 

"Dalam rangka merayakan Hari Pelanggan Nasional, MIND ID bisa menunjukkan sebagai perusahaan holding industri pertambangan yang mengedepankan pelayanan konsumen. Kami komitmen menjaga kepatuhan terhadap standar dan prosedur, khususnya terkait persyaratan keamanan, kesehatan dan kualitas produk," kata Heri Yusuf. 

Ia menuturkan Grup MIND ID secara reguler melakukan survei kepuasan pelanggan. Grup MIND ID memastikan produk dan layanan yang dijajakan mampu memenuhi hingga melebihi harapan pelanggan. Berdasarkan hasil survei kepuasan konsumen yang sudah dilakukan, seluruh anggota Grup MIND ID meliputi PT ANTAM Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT INALUM, dan PT Timah Tbk, meraih hasil yang memuaskan. 

PT ANTAM Tbk meraih skala 84,45 dari skala 100 untuk pelanggan logam mulia. Antam mendapatkan angka tinggi dari pelanggan logam dasar mencapai 84,47 dari skala 100. Selain itu, untuk PT Indonesia Asahan Aluminium (INALUM) mendapat angka 99,35 dari skala 100. 

Anak perusahaan MIND ID lainnya, PT Bukit Asam Tbk, sukses mencatatkan skor 3,57 dari skala 4. Adapula untuk PT Timah Tbk, mendapat skor 4,65 dari skala 5 untuk pelanggan luar negeri dan skor 4,4 dari skala 5 bagi pelanggan dalam negeri. Heri mengatakan berdasarkan acuan data skoring tersebut, MIND ID mendapat penilaian kepuasan dari pelanggan dengan predikat sangat baik. 

"Dengan demikian, acuan tersebut mengindikasikan anggota MIND ID memiliki kualitas pelayanan sangat prima bagi konsumen sehingga mereka merasa puas dengan pelayanan dari kami," ucapnya. 

Anggota Grup MIND ID memiliki dua jenis pelanggan, yakni individual atau retail dan institusional. Secara geografis, pelanggan tersebut berasal dari dalam dan luar negri. "Kami selalu memastikan agar hak setiap pelanggan dapat terpenuhi secara baik, terutama perlakukan setara untuk setiap pelanggan," katanya.

Selama tahun pelaporan, kata dia, anggota Grup MIND ID tidak menerima keluhan atau pengaduan dari konsumen khususnya urusan pemasaran produk. Anggota Grup MIND ID juga membuka saluran pengaduan bagi konsumen untuk memberikan masukan maupun menyampaikan keluhannya.

Nantinya, umpan balik tersebut dapat disampaikan melalui berbagai media. Pelanggan dapat memberikan masukan hingga menyampaikan keluhan saat Perseroan melakukan presentasi, customer gathering, customer visit ke area pertambangan, area fasilitas pendukung, atau saat pertemuan langsung antara perusahaan dengan pelanggan. 

Bagi konsumen retail bisa menyampaikan keluhan maupun umpan balik melalui kontak online yang tersedia pada website masing-masing anak perusahaan MIND ID. Konsumen retail tersebut contohnya konsumen pembelian logam mulia dari Antam yang dipasarkan secara daring maupun langsung di Butik Emas Logam Mulia tersebar di 11 kota besar di Indonesia.

Dengan demikian, konsumen dan perusahaan bisa saling berkomunikasi guna memberikan pelayanan terbaik sesuai keinginan dan pengalaman pelanggan. Anggota Grup MIND ID pun gerak cepat melakukan respon dan menindaklanjuti secara seksama seluruh keluhan ataupun pengaduan dari pelanggan selama tahun pelaporan. 

 

Terapkan Digitalisasi Industri Pertambangan

Selain itu, Grup MIND ID pun melakukan upaya transformasi dalam mewujudkan optimasi implementasi digitalisasi dalam industri pertambangan. Pengembangan aplikasi digital di berbagai proses bisnis mulai dari eksplorasi, sistem informasi korporasi, pengelolaan limbah, hingga pelayanan konsumen. 

"Digitalisasi industri pertambangan menjadi salah satu aspek penting dalam transformasi perusahaan. Melalui upaya digitalisasi industri pertambangan, MIND ID mampu mewujudkan aktivitas operasional optimal dan efisien," katanya.

Pengembangan aplikasi digital tersebut bertujuan memaksimalkan proses bisnis dan kegiatan operasional perusahaan. Proses yang efisien sejalan dengan komitmen pelaksanaan pilar keberlanjutan MIND ID yakni smart mining serta bentuk komitmen pelaksanaan praktik pertambangan yang baik (good mining practices). "MIND ID sebagai BUMN Holding Industri Pertambangan terus memberikan nilai lebih bagi Indonesia," ucap Heri. 

Presiden RI Joko Widodo meresmikan Digitalisasi Underground Mining di PT Freeport Indonesia (PTFI). Teknologi Underground Smart Mining ini membuat PTFI dapat memonitor dan mencegah risiko kecelakaan kerja melalui optimalisasi penggunaan kamera yang terhubung dengan kecerdasan buatan yang dikendalikan dalam control room.

Melalui penerapan Underground Smart Mining mendorong terciptanya teknologi lebih ramah lingkungan, beroperasi dengan lebih minim emisi sehingga dapat mengurangi dampak terhadap lingkungan. Keunggulan lainnya ialah ketersediaan latensi rendah dalam mendukung proses monitor aktivitas secara lebih real-time, dimana semua data dapat diintegrasikan untuk menciptakan proses kerja lebih aman.

Selain itu, di bidang eksplorasi pertambangan, saat ini PT ANTAM Tbk, mengembangkan aplikasi bernama GEOLOGGING yang mampu mempercepat kalkulasi sampel hasil proses eksplorasi di wilayah pertambangan. 

GEOLOGGING memanfaatkan teknologi machine learning dan Artificial Intelligence (AI) yang dapat meminimalisir kesalahan pencatatan data, meningkatkan proses data collecting dan memaksimalkan aktivitas pengeboran.

Di bidang pengelolaan lingkungan, PT Bukit Asam Tbk sedang mengembangkan aplikasi MASTERMINE yang mampu mengolah, memonitor, dan mengontrol sistem pengolahan air limbang tambang secara daring. Sistem yang terintegrasi secara chemical dan digital ini dapat digunakan untuk meningkatkan efektifitas pengelolaan limbah tambang.

Aplikasi MASTERMINE memiliki fitur alert & notification yang berperan untuk memberikan peringatan terhadap penurunan kualitas air, sehingga tindakan diperlukan dapat diputuskan lebih cepat.

PT Bukit Asam Tbk juga sudah mengimplementasikan Corporate Information System and Enterprise Application (CISEA). Aplikasi ini mampu memantau proses produksi dapat diakses dengan mudah melalui gadget. Aplikasi ini memungkinkan pengaturan proses pengiriman hasil penambangan yang lebih efisien dan mempermudah kegiatan monitoring data.

Hubungi MIND ID,
Tim kami akan membantu Anda

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang produk dan investasi, silahkan tinggalkan pesan atau menghubungi nomor yang tertera.

Hubungi Kami