Press Release

Komitmen Mitigasi Perubahan Iklim, Tiga Anggota MIND ID Raih PROPER EMAS 2021

30 December 2021

Jakarta, 28 Desember 2021 - PT ANTAM Tbk, PT Bukit Asam Tbk dan PT TIMAH Tbk, bagian dari MIND ID, BUMN Holding Industri Pertambangan, meraih anugerah lingkungan PROPER Emas 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Penghargaan diserahkan oleh Wakil Presiden Bapak K.H. Ma'ruf Amin di Istana Wakil Presiden, Jakarta pada tanggal 28 Desember 2021.

PT ANTAM Tbk Unit Bisnis Pertambangan Emas; PT Bukit Asam Tbk Unit Pelabuhan Tarahan; dan PT TIMAH Tbk Unit Metalurgi Muntok, yang memperoleh PROPER EMAS, merupakan entitas yang telah berhasil melakukan pengelolaan lingkungan lebih dari yang dipersyaratkan dan melaksanakan inovasi sosial di wilayah operasionalnya.

Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID, Dany Amrul Ichdan mengatakan: "Perolehan PROPER EMAS ini merupakan wujud nyata dari komitmen pengelolaan lingkungan Grup MIND ID, serta refleksi komitmen Grup MIND ID dan hasil kerja keras para insan MIND ID untuk mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK). PROPER EMAS merupakan wujud dukungan Grup MIND ID kepada Indonesia dalam memenuhi komitmen dunia terhadap Perubahan Iklim.”

Dalam rangka mitigasi perubahan iklim, dunia usaha memiliki peran yang penting. Dalam konteks PROPER, hal ini terkait dengan keterlibatan pembangunan yang ramah lingkungan, pengelolaan ruang terbuka hijau, konservasi keanekaragaman hayati, serta pengelolaan energi, emisi, air dan limbah.

Sejak pandemi COVID-19, Sensitifitas dan Daya Tanggap Kebencanaan juga menjadi indikator baru dalam penilaian PROPER pada aspek Pengembangan Masyarakat. Tidak hanya fokus pada keuntungan, Perusahaan didorong untuk merespon COVID-19 diantaranya dengan komitmen untuk tidak melakukan PHK dan program pengembangan masyarakat berkelanjutan dalam rangka pemulihan ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Sebanyak 2.583 perusahaan telah mengikuti ajang penilaian PROPER tahun 2021. Sebanyak 47 Perusahaan meraih predikat PROPER EMAS, 186 perusahaan PROPER HIJAU, 1.670 perusahaan PROPER BIRU, dan 645 perusahaan PROPER Merah.

“Kami bangga dengan penghargaan yang diperoleh oleh para Anggota MIND ID. Diharapkan Penghargaan ini akan semakin mendorong semangat kerja para insan MIND ID untuk dapat berkontribusi lebih baik lagi bagi negeri” ungkap Dany.

PROPER EMAS
PT ANTAM Tbk
Unit Bisnis Pertambangan Emas
PT Bukit Asam Tbk
Unit Pelabuhan Tarahan
PT Timah Tbk
Unit Metalurgi Muntok
 
PROPER HIJAU
PT ANTAM Tbk
Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia
Unit Bisnis Pertambangan Bauksit Kalimantan Barat
PT Bukit Asam Tbk
Unit Pertambangan Tanjung Enim
Dermaga Kertapati
PT Inalum (Persero)
Pembangkit Listrik Tenaga Air Paritohan
Pabrik Pengolahan Aluminium Kuala Tanjung
PT Timah Tbk
Unit Metalurgi Kundur
UPTP Batu Besi
PT Vale Indonesia Tbk
 
PROPER BIRU
PT ANTAM Tbk
Unit Bisnis Pertambangan Nikel Sulawesi Tenggara
Unit Bisnis Pertambangan Nikel Maluku Utara
PT Bukit Asam Tbk
PLTU Bukit Asam - Lampung
PT Timah Tbk
Unit Tambang Darat Sungailiat
UPDB BPP
Wilasi II Bangka Selatan
Wilasi Belitung

 

Tentang MIND ID

Holding Industri Pertambangan resmi dibentuk pada 27 November 2017 dengan menggunakan PT Indonesia Asahan Aluminimum (Persero) sebagai induk perusahaan yang memiliki mayoritas saham pada empat perusahaan industri tambang terbesar di Indonesia yaitu PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Timah Tbk dan PT Freeport Indonesia. Pada 17 Agustus 2019, Holding Industri Pertambangan bertransformasi menjadi MIND ID (Mining Industry Indonesia) untuk membedakan fungsi INALUM sebagai Holding dan sebagai Operasional.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Heri Yusuf

SVP Corporate Secretary
PT Inalum (Persero) Holding Industri Pertambangan

Email: heri.yusuf@mind.id

Hubungi MIND ID,
Tim kami akan membantu Anda

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang produk dan investasi, silahkan tinggalkan pesan atau menghubungi nomor yang tertera.

Hubungi Kami