Press Release

Grup MIND ID Cetak Calon Pemimpin

3 November 2020

Jakarta, 4 November 2020 – BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, atau Mining Industry Indonesia, yang beranggotakan PT ANTAM Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero) dan PT Timah Tbk, berhasil mengembangkan 50 calon pemimpin dalam Grup MIND ID yang berwawasan dan berdaya saing global melalui program pengembangan talenta.

Para calon pemimpin tersebut telah ditempa dalam pelatihan di universitas ternama di Amerika Serikat dan juga melakukan kerja magang (Program Immersion dan Program Apprenticeship) di beberapa perusahaan kelas dunia serta pendampingan oleh mentor dari tokoh-tokoh ternama di dunia usaha nasional.

Program pengembangan talenta ini terdiri dari Senior Leaders Development Program (SLDP) untuk peserta yang menduduki jabatan 1 level dibawah direksi dengan durasi program selama 9 bulan, dan Emerging Leaders Development Program (ELDP) untuk peserta yang menduduki jabatan 2 level dibawah direksi dengan durasi program selama 12 bulan.

Program tersebut diselenggarakan bekerja sama dengan Korn Fery dan sejumlah universitas terkemuka, antara lain Wharton School (University of Pennsylvania); Darden School of Business (University of Virginia); dan Sloan School of Management (Massachusetts Institute of Technology).

Peserta SLDP dan ELDP Cohort 1 beserta keluarga hadir dalam acara kelulusan baru-baru ini yang diselenggarakan secara virtual dan dihadiri oleh Wakil Menteri BUMN 1 Budi Gunadi Sadikin, Deputi Bidang SDM dan TI KBUMN Alex Denni, Direktur Utama MIND ID Orias Petrus Moedak, jajaran komisaris dan direksi anggota MIND ID, Mitra Program, serta para Mentor Peserta program diantaranya Ery Riyana Hardjapamekas, Kuntoro Mangkusubroto, dan Noke Kiroyan.

Direktur Layanan Strategis MIND ID Ogi Prastomiyono, selaku direktur program SLDP dan ELDP menjelaskan bahwa program ini merupakan salah satu upaya pengembangan pemimpin yang profesional, berintegritas, berkarakter, dan berkualitas serta bertujuan untuk mengembangkan kapabilitas Top Talent di Group MIND ID.

“Program ini dirancang untuk menyiapkan dan memastikan lahirnya calon pemimpin yang unggul dan ber-AKHLAK (akronim dari nilai inti Kementerian BUMN yaitu Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif) serta berwawasan dan berdaya saing global. Peserta yang lulus ini akan mengisi Talent Pool di Group MIND ID dan juga di Kementerian BUMN,” ujar Ogi Prastomiyono, Direktur Layanan Strategis MIND ID.

“Melalui program ini kami berharap para peserta dapat memimpin eksekusi inisiatif-inisiatif strategis Grup MIND ID secara efektif dan siap menjadi pemimpin yang unggul dan berdaya saing global,” tutur Ogi.

Program SLDP dan ELDP merupakan bagian dari rangkaian inisiatif strategis pengembangan talenta dalam mentransformasi kepemimpinan di manajemen Group MIND ID. Program ini selaras dengan program prioritas lima tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk membangun sumber daya manusia Indonesia dan juga Roadmap Kementerian BUMN untuk mengakselerasi perwujudan BUMN sebagai agen pencipta dan agen pembangunan.

“Kami diberikan kesempatan untuk belajar di perusahaan global dan juga di universitas terkemuka untuk nantinya memberikan kontribusi kepada Grup MIND ID,” ungkap Endria Novyaningsih, salah satu peserta yang berasal dari PT Timah Tbk.

Program ini juga mendapat dukungan dan kerjasama dari Rumah Mentor Indonesia (RUMI) sebagai lembaga yang menyiapkan mentor-mentor dalam negeri terkemuka untuk para peserta program.

Contact MIND ID,
Our team will help you

If you have questions about products and investments, please leave a message or call the number listed.

Contact Us