Press Release

Dari Paperless Data sampai AI untuk Smart Mining, Solusi MIND ID untuk Era Digitalisasi

28 July 2023

Jakarta, 28 Juli 2023 – BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID mendukung smart mining dengan sederet inisiatif digitalisasi. Selain menjawab tantangan era revolusi industri 4.0, inisiatif digitalisasi juga membuat kinerja kian efektif dan efisien.

Sepanjang 2022, anggota MIND ID telah melakukan. beberapa inisiatif digitalisasi, salah satunya proyek Paperless Data and Central Database dari ANTAM.

Melalui proyek tersebut, ANTAM membuat software untuk pengisian data operasi dari komputer satuan-satuan kerja. Tujuannya sebagai efisiensi aktivitas penginputan data untuk menghindari aktivitas penginputan berulang serta menjaga data operasi karena ter-record pada sentral database yang memiliki ketentuan pengaksesan data.

Adapun PTBA memiliki proyek aplikasi SIB dan SIM DLT untuk pengurusan izin bekerja dan penggunaan alat berat di lokasi tambang. Sedangkan INALUM memiliki proyek digitalisasi sistem Human Capital untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses pengelolaan SDM di lingkungan kerja.

Proyek digitalisasi berupa aplikasi pun dimiliki PT Timah Tbk berupa aplikasi START. Aplikasi ini berguna untuk menyimpan, mengelola, dan melacak dokumen elektronik.

 

Uji Coba Aplikasi Geologging

Geologging merupakan aplikasi digital data capturing dengan teknologi dan machine learning untuk kegiatan eksplorasi. Aplikasi ini telah dilakukan uji coba oleh MIND ID.

Aplikasi hasil inisiasi bersama ANTAM ini merupakan salah satu komitmen Grup MIND ID dalam mendorong smart mining. Aplikasi ini dikembangkan oleh tim Safepedia, salah satu pemenang kompetisi inovasi MIND ID Goes Digital 2021.

Adapun uji coba aplikasi Geologging dilakukan di kegiatan eksplorasi ANTAM, Unit Bisnis Pertambangan Emas di Jawa Barat. Geologging dapat mempercepat dan mengkalkulasi sampel batuan hasil pemboran (core), seperti Rock Quality Designation (RQD), Core Recovery, dan lainnya.

Terdapat tiga fitur yang dimiliki Geologging, yaitu Safety Inspection, Proses Pengeboran, dan Foto Core yang dilengkapi AI. Diharapkan aplikasi ini bisa menjadi problem solver untuk efisiensi dan optimalisasi aktivitas eksplorasi Grup MIND ID.

Salah satu fokus uji coba aplikasi ini adalah mengolaborasikan fitur AI Geologging dengan aplikasi digital yang sudah lebih dulu ada, Rinda Emas. Kolaborasi tersebut diharapkan membantu meminimalisir kesalahan input, meningkatkan efisiensi dengan cara mempersingkat proses pengumpulan data, serta mampu meningkatkan kualitas dan standarisasi data geologi sekaligus data aktivitas pengeboran.

MIND ID menyadari pentingnya keamanan siber dan privasi data dalam menjaga keberlangsungan bisnis. Oleh sebab itu, MIND ID telah mengimplementasikan berbagai inisiatif untuk meningkatkan keamanan siber dan privasi data.

Berbagai sertifikat ISO telah dikantongi Grup MIND ID untuk mendukung perlindungan keamanan siber dan privasi data. MIND ID dan anggota MIND ID telah tersertifikasi ISO 27001 Information Security Management Systems (ISMS).

Adapun kantor pusat MIND ID telah berhasil tersertifikasi ISO 27001 pada 15 Agustus 2022. Pada Agustus 2022, INALUM juga mendapat sertifikasi ISO 27001.

Sementara itu, dalam implementasi sistem manajemen keamanan informasi, seluruh anggota MIND ID telah melaksanakan audit keamanan atau vulnerability assessment (tes penetrasi) kepada sistem perusahaan, produk, dan data pengguna, baik secara internal maupun eksternal. Terbukti, pada 2022 tidak terdapat serangan siber dan pelanggaran terhadap privasi pelanggan yang terjadi pada seluruh anggota MIND ID.

Hubungi MIND ID,
Tim kami akan membantu Anda

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang produk dan investasi, silahkan tinggalkan pesan atau menghubungi nomor yang tertera.

Hubungi Kami