Press Release

Grup MIND ID Realisasikan Total 1.056 Ha Penanaman Pohon Konservasi Danau Toba

12 July 2022

Jakarta, 12 Juli 2022 - BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, atau Mining Industry Indonesia terus mendorong perusahaan Anggota yakni PT ANTAM Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero) dan PT Timah Tbk agar merealisasikan kewajiban dan komiten reklamasi serta penanaman pohon. Inalum Operating merealisasikan total 1.056 hektar penanaman pohon program konservasi Danau Toba periode 2016-2021. Di tahun 2022, Inalum Operating menetapkan target 260 hektar penanaman pohon.

Sedangkan ANTAM, Bukit Asam, dan TIMAH pada tahun 2022 menetapkan target reklamasi seluas 499,26 hektar. Sampai dengan Mei 2022, total realisasi luasan lahan kewajiban reklamasi ANTAM, Bukit Asam, dan TIMAH mencapai 231,81 hektar. MIND ID terus mendorong perusahaan Anggota dan afiliasi agar melaksanakan kewajiban dan tanggung jawab operasional sesuai ketentuan yang berlaku.

Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID, Dany Amrul Ichdan mengatakan: “MIND ID mendorong Anggota MIND ID melaksanakan kebijakan strategis praktik penambangan yang baik (good mining practice) dengan mematuhi dan melaksanakan kewajiban reklamasi serta upaya kepedulian penanaman lahan kritis di sekitar wilayah operasional.  Upaya ini merupakan komitmen MIND ID mewujudkan keseimbangan pencapaian tujuan ekonomi dan lingkungan agar memastikan keberlanjutan Perusahaan”.

Untuk mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan serta komitmen merealisasikan aspek ICMM, MIND ID telah menetapkan 6 pilar keberlanjutan yakni: Environment and climate change, Economic development, People, Smart operation, Community and Society, dan Governance. Perusahaan juga memiliki Panduan Keberlanjutan Environment, Social, and Governance (ESG) yang bertujuan memberikan arah bagi MIND ID dan perusahaan anggota MND ID dalam mengelola kinerja ESG dalam operasi pertambangannya.

MIND ID bertekad untuk melakukan operasi pertambangan secara bertanggung jawab, menerapkan prinsip-prinsip berkelanjutan, dan menjadi pertambangan kelas dunia. Ini sesuai dengan Noble Purpose MIND ID, yaitu We Explore: Natural Resources for Civilization, Prosperity, and Brighter Future.

Panduan ini dibuat berdasarkan hasil gap analysis terhadap ICMM Principles and Performance Expectation 2020 dan analisa materialitas isu keberlanjutan perusahaan pertambangan perusahaan anggota MIND ID pada 2020-2025.

Tentang MIND ID

Holding Industri Pertambangan resmi dibentuk pada 27 November 2017 dengan menggunakan PT Indonesia Asahan Aluminimum (Persero) sebagai induk perusahaan yang memiliki mayoritas saham pada empat perusahaan industri tambang terbesar di Indonesia yaitu PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Timah Tbk dan PT Freeport Indonesia. Pada 17 Agustus 2019, Holding Industri Pertambangan bertransformasi menjadi MIND ID (Mining Industry Indonesia) untuk membedakan fungsi INALUM sebagai Holding dan sebagai Operasional.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Heri Yusuf

SVP Corporate Secretary
PT Inalum (Persero) Holding Industri Pertambangan

Email: heri.yusuf@mind.id

www.mind.id

Hubungi MIND ID,
Tim kami akan membantu Anda

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang produk dan investasi, silahkan tinggalkan pesan atau menghubungi nomor yang tertera.

Hubungi Kami