Press Release

INALUM Operating, bagian dari BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID menanam 500 bibit Macadamia di Desa Marbun Tongga Marbun Dolok

Hari Menanam Pohon BUMN, Inalum Operating Realisasikan 500 Bibit

2 December 2021

Jakarta, 29 November 2021 – INALUM Operating, bagian dari BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID menanam 500 bibit Macadamia di Desa Marbun Tongga Marbun Dolok, Kecamatan Bukit Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara pada 28 November 2021. Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Penanaman Pohon BUMN Serentak inisiatif dari KBUMN dalam rangka hari menanam pohon nasional.

Direktur Operasi dan Portofolio MIND ID, Danny Praditya mengatakan Program Penanaman Pohon BUMN merupakan bagian dari komitmen perusahaan yang secara umum dapat mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) dan secara khusus menjaga Daerah Tangkapan Air (DTA) Danau Toba. Program penanaman pohon merupakan salah satu bagian aktivitas dalam 6 pilar peta jalan keberlanjutan perusahaan yakni Environment & Climate Change.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) antara lain Tujuan 1 (Tanpa Kemiskinan), 7 (Energi Bersih dan Terjangkau), 8 (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi), 13 (Penanganan Perubahan Iklim), 15 (Keberlanjutan Ekosistem Daratan) dan 17 (Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan) yang dilaksanakan dengan mengedepankan prinsip akuntabilitas, terintegrasi, terarah, dan terukur dampaknya.

Program Menanam Pohon BUMN serentak dilakukan di 7 titik di Indonesia melibatkan Pemerintah Daerah dan Mahasiswa Pecinta Alam yakni DKI Jakarta yang dihadiri oleh Menteri BUMN Bapak Erick Thohir, Sumatera Utara (Danau Toba), Lampung (Wai Sekampung), Riau (Pekanbaru), Banten (Rangkasbitung), Jawa Timur (Malang), Sulawesi Selatan (Makassar), total sebanyak 3.970 pohon dengan jenis pohon endemik.

Selain program menanam pohon BUMN, INALUM Operating juga berkomitmen melakukan penanaman 33.196 bibit pohon disekitar Danau Toba melalui Program Konservasi DTA Danau Toba yang bekerja sama dengan berbagai pihak. Jenis pohon yang akan di tanam diantaranya mahoni, trembesi, ketapang, alpukat, durian, kemiri, aren, makadamia nut, dan pinus.

Sampai akhir tahun 2021, INALUM Operating menargetkan sebanyak 148 ribu bibit di lahan seluas 297 Ha melalui Program Konservasi DTA Danau Toba. Sampai dengan 26 November 2021, telah terealisasi sebanyak 114.900 bibit di lahan seluas 229,8 Ha atau sebesar 77%.

Tentang MIND ID

Holding Industri Pertambangan resmi dibentuk pada 27 November 2017 dengan menggunakan PT Indonesia Asahan Aluminimum (Persero) sebagai induk perusahaan yang memiliki mayoritas saham pada empat perusahaan industri tambang terbesar di Indonesia yaitu PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Timah Tbk dan PT Freeport Indonesia. Pada 17 Agustus 2019, Holding Industri Pertambangan bertransformasi menjadi MIND ID (Mining Industry Indonesia) untuk membedakan fungsi INALUM sebagai Holding dan sebagai Operasional.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Ratih Amri

SVP Corporate Secretary
PT Inalum (Persero) Holding Industri Pertambangan

HP: 08161869224 Email: ratihamri@mind.id

www.mind.id

Hubungi MIND ID,
Tim kami akan membantu Anda

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang produk dan investasi, silahkan tinggalkan pesan atau menghubungi nomor yang tertera.

Hubungi Kami