Press Release

Indonesia Mining & Minerals Research Institute, Institusi Riset BUMN Klaster Minerba

29 April 2021

Jakarta, 29 April 2021 - BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, atau Mining Industry Indonesia, yang beranggotakan PT ANTAM Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero) dan PT Timah Tbk, melakukan transformasi Mining & Minerals Industry Institute (MMII) menjadi Indonesia Mining & Minerals Research Institute (IMMRI). IMMRI diandalkan MIND ID sebagai penopang aktivitas riset dan pengembangan industri pertambangan.

Inisiasi transformasi fungsi Learning Center, Research Center dan Innovation Center merupakan salah satu program prioritas KBUMN. MIND ID mewujudkan IMMRI sebagai backbone yang akan mendukung strategi jangka Panjang perusahaan untuk menghadapi perubahan-perubahan industri pertambangan di Indonesia.

Orias Petrus Moedak, Grup CEO MIND ID mengatakan “MIND ID berkomitmen terhadap upaya riset dan inovasi di bidang industri pertambangan khususnya di grup MIND ID. Ini sesuai dengan semangat keberlanjutan Perusahaan, termasuk Environment, Social dan Governance (ESG). Yang kami hasilkan dan produksi saat ini harus dapat dinikmati oleh generasi sekarang dan mendatang, untuk itu riset dan pengembangan industri pertambangan memiliki peran penting.”

Orias menambahkan bahwa Inovasi yang dilakukan selalu bertujuan untuk mendapatkan metode dan teknologi industri pertambangan yang paling efisien sehingga berdampak positif pada lingkungan dan sosial.

IMMRI harus menjadi unggulan di klaster mineral dan batubara yang akan berfungsi Melakukan koordinasi dalam penyusunan Blueprint Institute; Mengawal proses transformasi dan changes management pembentukan & pelaksanaan institute; Melakukan koordinasi pengumpulan dan validasi atau konfirmasi atas data dan informasi BUMN anggota klasternya; Menjadi role model teknologi BUMN bagi anggota klasternya; dan Mendorong kolaborasi inovasi teknologi, baik di dalam klaster maupun antar klaster BUMN.

Asisten Deputi Bidang Teknologi dan Informasi KBUMN Iman Bustomi mengatakan “BUMN didorong untuk dapat membangun competitiveness core bisnisnya pada kluster masing-masing. Khusus kepada kluster mineral dan batu bara diharapkan bisa meningkatkan daya saing di value chain core bisnisnya. Transformasi learning and research menjadi enabler yang penting dalam rangka memperbaiki keungulan BUMN”.

Sedangkan Ketua Dewan Penasihat IMMRI Prof. DR. Soebroto M.A. mengatakan “BUMN ditugaskan oleh negara sebagai pelopor pendorong dan pendukung kemajuan ekonomi. Sedangkan majunya ekonomi tercermin dari kemampuan kita dalam bersaing. Salah satu cara untuk menjawab hal tersebut adalah meningkatkan kemampuan riset untuk mencari cara-cara baru dalam melakukan sesuatu dengan less cost dengan usaha yang maksimal. IMMRI harus mampu menjadi institute Lembaga penelitian dan inovasi untuk majunya penelitian dan pengembangan dari kluster minerba”.

IMMRI sebagai entitas strategis MIND ID telah melewati milestone penting diantaranya pelaksanaan MMII Research Award 2019. Tiga peneliti Indonesia dengan karya paling inovatif terpilih sebagai pemenang dan mendapatkan pembiayaan untuk melanjutkan penelitian:
1. DR. ENG. Januarti Jaya Eka Putri S.T, M.T dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Inovasi produk beton ramah lingkungan dengan kandungan mikroba terkapsulasi dalam limbah B3 yang memanfaatkan limbah hasil pembakaran batu bara (fly ash dan bottom ash) untuk digunakan Kembali sebagai bahan konstruksi pengganti semen.
2. DR. IR. Sotya Astutiningsih M. Eng dari Universitas Indonesia. Pemanfaatan Terak Feronikel sebagai mortar cetak tiga dimensi untuk industri konstruksi, yang akan meningkatkan nilai tambah produk samping pengolahan nikel untuk bahan material konstruksi dikombinasikan dengan teknologi cetak konstruksi tiga dimensi.
3. PROF. DR. Mohammad Zaki Mubarok S.T, M.T dari Institut Teknologi Bandung. Pengembangan teknologi sintesis nikel sulfat dan kobalt sulfat dari bijih nikel laterit untuk material katoda baterai lithium jenis Nickel-Manganese_Cobalt (NMC) Oxide untuk aplikasi kendaraan listrik.

Hubungi MIND ID,
Tim kami akan membantu Anda

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang produk dan investasi, silahkan tinggalkan pesan atau menghubungi nomor yang tertera.

Hubungi Kami