Press Release

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Anugerahi MIND ID Sebagai Booth Terbaik pada Indogreen Expo 2023

7 March 2023

Jakarta, 07 Maret 2023 - Perhelatan Indonesia Green (Indogreen) Forestry Environment Expo 2023 telah selesai digelar di Jogja Expo Center (JEC) pada hari Minggu. Pameran kehutanan terbesar se Indonesia yang diselenggarakan tahunan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) ini mengumumkan Grup MIND ID sebagai salah satu peserta pameran dengan booth terbaik.

Pada sambutannya Nunu Anugrah selaku Kepala Biro Humas KLHK mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta pameran dan kepada pengunjung untuk animo dan antusiasmenya. Terimakasih karena hal ini menunjukkan bahwa banyak pihak yang peduli terhadap lingkungan dan kehutanan, dan mengajak kita semua menjadi bagian dari solusi atas tantangan yang sedang kita hadapi bersama.

“Pemerintah Indonesia terus memperkuat aksi-aksi di lapangan yang memberikan contoh kepada masyarakat dunia bahwa tantangan yang mengancam tersebut bisa diatasi dengan aksi lapangan yang kongkrit mengedepankan multilateralisme, paradigma kolaborasi dan kerja sama. Kita semua harus menjadi bagian dari solusi,” ujar Nunu.

 

MIND ID Bersama dengan Anggotanya PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero), PT Timah Tbk selama pameran berlangsung menunjukkan komitmen untuk menjalankan setiap praktik penambangan sesuai dengan prinsip good mining practice, mengedepankan pertambangan berkelanjutan. Tidak hanya berkelanjutan pada sisi operasional bisnis, namun juga ekosistem alamnya.

Selain hal itu, selaras dengan tema Indogreen Expo 2023, “Sukseskan Indonesia’s Forest and Other Land Use (FOLU) Net Sink 2030 Melalui Sinergi Sektor Kehutanan dan Sektor Industri.” Grup MIND ID juga turut mendukung program perubahan iklim melalui transisi energi yang menjadi salah satu jalan untuk mengurangi emisi karbon.

Hendi Prio Santoso selaku Direktur Utama MIND ID mendorong seluruh Anggota Grup MIND ID untuk mulai bergerak dan menginisiasi transisi energi di setiap operasionalnya. Setidaknya MIND ID memiliki 3 pilar dekarbonisasi yaitu, avoid, reduce, dan mitigate.

“Melalui program keberlanjutan dan strategi dekarbonisasi, MIND ID bersama seluruh anggotanya berkomitmen untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama. Hal ini menjadikan Grup MIND sebagai BUMN Holding Industry Pertambangan di Indonesia merupakan pelopor program Dekarbonisasi di Indonesia,” ujar Hendi.

“Upaya MIND ID dalam mensuskeskan program penurunan angka karbon dengan membagi menjadi tiga pilar dekarbonisasi yakni Avoid (menghindari), Reduce (mengurangi), dan Mitigate (memitigasi),” tambah Hendi.

MIND ID Melalui salah satu anggotanya PT Bukit Asam Tbk (PTBA) secara konsisten menyampaikan pentingnya mensukseskan program transisi energi ini. Inisiasi ini dilakukan dengan banyaknya instalasi PLTS yang digarap oleh PTBA. Tidak hanya sebagai salah satu sumber energi baru terbarukan yang rendah emisi untuk kebutuhan listrik di operasional, namun juga untuk bantuan di kebutuhan listrik masyarakat.

Sebagai contoh kebutuhan listrik untuk pompa irigasi persawahan yang mampu mewujudkan ketahanan pangan di desa Tanjung Raja, Muara Enim. Selama ini, kebutuhan air untuk persawahan ini hanya mengandalkan air hujan, sehingga panen hanya bisa sekali dalam setahun. Namun, dengan adanya bantuan berupa pemberian pompa submersible ini kini Desa tersebut bisa panen hingga 3x dalam setahun, dan kebutuhan energi untuk menggerakkan pompa berasal dari PLTS yang dibangun oleh PTBA.

 

Selain PTBA, PT Freeport juga turut hadir di Indogreen Expo ini dengan membawa pesan komitmen terhadap reklamasi terutama di daerah tambang Grassberg. Reklamasi timbunan batuan penutup dilakukan dengan menempatkan 5 meter batuan kapur menutupi batuan penutup agar mencegah munculnya air asam tambang.

Penanaman rumput Deschampsia klossii dilakukan pada awal program reklamasi untuk membentuk Kawasan Padang rumput yang diperkaya dengan tumbuhan semak dan herba spesies lokal sesuai karakter ekosistem alpine. Sampai akhir tahun 2022, total area yang sudah ditanami seluas 472 hektar.

Atas upaya yang dilakukan Grup MIND ID, pada ajang proper KLHK di tahun 2022, Grup MIND ID berhasil memperoleh 24 Proper, Empat Proper Emas, 8 Proper Hijau, dan 12 Proper Biru.

Grup MIND ID terus berusaha mengedepankan kesinambungan bisnis bahkan pasca tambang. Untuk itu MIND ID berkomitmen untuk menjalankan usaha dengan memaksimalkan potensi dan sumber daya untuk kemajuan peradaban, mengoptimalkan keberadaan perusahaan untuk kesejahteraan, menghasilkan produk penting untuk industri strategis secara bertanggung jawab.

“Grup MIND ID memiliki pandangan holistik terhadap keberlanjutan dalam setiap aktivitas Perseroan. Sebagai entitas yang mengelola sumber daya mineral dan batubara yang strategis, operasional Grup MIND ID didasarkan pada praktik bisnis yang bertanggung jawab dan memberikan kontribusi yang optimal bagi negara dan masyarakat,” tutup Hendi.

Hubungi MIND ID,
Tim kami akan membantu Anda

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang produk dan investasi, silahkan tinggalkan pesan atau menghubungi nomor yang tertera.

Hubungi Kami