Press Release

Komunitas Binaan Grup MIND ID Sukses Jalankan Program Kemitraan

15 March 2024

Jakarta, 15 maret 2024 – Sebagai BUMN Holding Industri Pertambangan di Indonesia, MIND ID konsisten dalam upaya peningkatan kinerja sebagai kunci keberlanjutan perusahaan. Hal ini sejalan dengan tujuan pemerintah untuk mendorong peningkatan nilai tambah produk tambang nasional.

Grup MIND ID juga berupaya proaktif dalam pengembangan ekonomi lokal dengan mengedepankan potensi ekonomi lokal di setiap wilayah operasional Anggota Holding.

Perseroan berharap lebih banyak masyarakat yang mampu berdaya dalam menjalankan usahanya. Grup MIND ID terus memberikan bimbingan, kurasi, hingga pembinaan untuk mitra binaan serta mendapatkan akses permodalan.

Nuriani merupakan contoh sukses perempuan mitra binaan Anggota Holding Grup MIND ID PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) UBP Nikel Sulawesi Tenggara. Keseriusannya dalam mengembangkan hobi membuat kerajinan rajut tali kur membuahkan hasil. Ia meraup untung dari aktivitasnya sebagai pengrajin tali rajut kur.

Sejak 2014, buah tangan Nuriani berhasil menarik pembeli yang berasal dari kolega dekatnya. Tali rajut kur tersebut ia kreasikan menjadi berbagai produk seperti tirai, gantungan kunci, dan aksesoris sederhana lainnya.

Dengan efektifitas dari program pembinaan dari Anggota Holding Grup MIND ID, produk turunan tali rajut kur pun makin bertambah dan Nuriani sukses mengembangkan bisnisnya. Nuriani membuat tas beragam motif dengan bahan dasar tali rajut kur. Produk Tali Kur Meohai pun semakin banyak peminat dan menjangkau pasar yang lebih luas.

Kini, Nuriani berhasil mempekerjakan ibu-ibu di sekitar rumahnya dan memberikan pelatihan keterampilan dalam merajut tali kur hingga menyulapnya menjadi bermacam produk yang siap dipasarkan.

Selain Nuriani, ada juga peran salah satu UMKM Binaan INALUM yaitu Usaha Sapu Ijuk milik Subari. Usaha yang telah menjadi Mitra Binaan dari Anggota Holding Grup MIND ID yakni INALUM sejak 2018 ini, telah mampu menyerap tenaga kerja dari masyarakat sekitar Kecamatan Bandar Masilam, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Sejak menjadi mitra binaan INALUM, usaha sapu ijuk Subari meningkat produksinya, dari yang sebelumnya sekitar 200 buah per minggu menjadi sekitar 8.000 buah per minggu. Hal ini tentunya juga turut meningkatkan penyerapan tenaga kerja.

Sebagian besar masyarakat di sekitar telah bekerja di usaha ini, terutama para ibu rumah tangga yang memang terampil dalam memproduksi barang-barang keterampilan tangan. Produksi tersebut meliputi sapu ijuk, sapu lidi, kain pel, spons cuci, mebel, tali, tikar, dan peralatan rumah tangga lainnya dengan pangsa pasar mulai dari Sumatra Utara, hingga menjangkau provinsi sekitar seperti Aceh, Riau, Jambi dan Dumai.

Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf menyampaikan cerita sukses dari para mitra binaan Anggota Holding ini membuktikan keseriusan Grup MIND ID dalam membantu perekonomian masyarakat di sekitar operasional pertambangan.

“Tekad dari Anggota Holding seperti ANTAM dan INALUM untuk mengembangkan potensi UMKM tidak berhenti, kami bertekad untuk terus memajukan UMKM dalam menciptakan nilai tambah demi penguatan dan pemerataan Indonesia,” ungkapnya.

Hubungi MIND ID,
Tim kami akan membantu Anda

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang produk dan investasi, silahkan tinggalkan pesan atau menghubungi nomor yang tertera.

Hubungi Kami