Press Release

Lomba Inovasi MIND ID Ajak Publik Jawab Tantangan Industri Tambang

10 June 2022

Medan, 3 Juni 2022 - BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID yang beranggotakan PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero) dan PT Timah Tbk sambangi Medan untuk roadshow BIGMIND Innovation Award pada 3 Juni 2022. Kompetisi inovasi ini digelar untuk kalangan startup, akademisi, komunitas litbang dan karyawan pertambangan untuk menjawab tantangan dan dinamika industri pertambangan yang dikenal memiliki kompleksitas tinggi.

Direktur Pengembangan Usaha, Dilo Seno Widagdo mengatakan: "Kompetisi inovasi ini diharapkan mampu memotivasi para periset dan inovator indonesia untuk mampu berfikir kritis dan menjadi lebih kreatif. Dunia saat ini lebih membutuhkan orang kreatif untuk menghadapi tantangan masa depan. MIND ID saat ini terus menyoroti ragam inovasi dalam lanskap pertambangan yang ada.”

Boosting Innovator and Greenovator in the Mining Industry (BIGMIND Innovation Award 2022) merupakan kompetisi inovasi ke-4 MIND ID melanjutkan kesuksesan event sebelumnya. Kompetisi inovasi MIND ID mampu mengasah talenta putra-putri bangsa dalam menciptakan banyak ide dan inovasi serta membuat proses bisnis industri tambang menjadi lebih efisien, efektif, ramah lingkungan dan berkelanjutan.

“Kami mengundang banyak kalangan dalam kompetisi ini. MIND ID mengajak masyarakat untuk berpandangan kritis dan berharap setiap peserta mampu melihat peluang dari sebuah permasalahan khususnya bidang industri pertambangan. Selalu terdapat solusi yang mampu menjawab tantangan sehingga akhirnya menambah nilai bagi Perusahaan”, tambah Dilo.

BIGMIND Innovation Award 2022 roadshow di Medan dihadiri sekitar 450 peserta. Talkshow bertajuk Penerapan Teknologi Tepat Guna Untuk Proses Industri Hijau Berkelanjutan

menghadirkan Direktur Operasi dan Portfolio MIND ID, Danny Praditya, Staff Khusus Menteri ESDM bidang percepatan pembangunan infrastruktur dan Investasi, Triharyo Indriawan Soesilo dengan moderator Kepala Departemen Engineering PT Inalum (Persero), Edi Mugiono.

BIGMIND Innovation Award 2022 terbuka bagi semua kalangan untuk bergabung dan mengirimkan karya inovasinya. 12 tim terbaik berkesempatan memenangkan hadiah total Rp900 Juta. Tim yang hasil karyanya mampu menjawab tantangan Perusahaan serta dapat di implementasikan di lingkungan Grup MIND ID juga mendapat kesempatan untuk mengikuti program inkubasi.

Roadshow BIGMIND selanjutnya diselenggarakan pada 17 Juni 2022 melalui webinar dengan topik Proses Industri dan Digitalisasi. Lalu selanjutnya Makassar 24 Juni 2022 dengan topik Eksplorasi dan Pertambangan. Roadshow menghadirkan praktisi, expert dan pelaku usaha yang akan memberikan informasi seputar industri pertambangan Indonesia.

MIND ID optimis dengan hadirnya perkembangan teknologi CCUS dan karya inovasi yang mampu menurunkan nilai karbon akan turut menghijaukan bumi dan melestarikan alam. Inovasi ini menjadi salah satu budaya di Grup MIND ID yang mendukung kinerja perusahaan dan sejalan dengan budaya AKHLAK BUMN.

Tentang MIND ID

Holding Industri Pertambangan resmi dibentuk pada 27 November 2017 dengan menggunakan PT Indonesia Asahan Aluminimum (Persero) sebagai induk perusahaan yang memiliki mayoritas saham pada empat perusahaan industri tambang terbesar di Indonesia yaitu PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Timah Tbk dan PT Freeport Indonesia. Pada 17 Agustus 2019, Holding Industri Pertambangan bertransformasi menjadi MIND ID (Mining Industry Indonesia) untuk membedakan fungsi INALUM sebagai Holding dan sebagai Operasional.

 

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Heri Yusuf

SVP Corporate Secretary
PT Inalum (Persero) Holding Industri Pertambangan

Email: heri.yusuf@mind.id

www.mind.id

Hubungi MIND ID,
Tim kami akan membantu Anda

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang produk dan investasi, silahkan tinggalkan pesan atau menghubungi nomor yang tertera.

Hubungi Kami