Press Release

MIND ID dan ANTAM Sampaikan Komitmen Reklamasi dan Tambang Berkelanjutan dalam INDOGREEN Expo 2023

3 March 2023

Jogjakarta, 03 Maret 2023 - Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) secara konsisten menggelar perhelatan pameran Indonesia  Green (Indogreen) Forestry Environment Expo. Tahun ini, event berlangsung pada tanggal 2 hingga 5 Maret 2023 di Jogja Expo Center (JEC) dan jadi ajang kampanye KLHK untuk mensukseskan upaya pengendalian perubahan iklim.

MIND ID Bersama dengan Anggotanya PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero), PT Timah Tbk turut hadir dalam Indogreen Expo 2023 yang membawa tema “Sukseskan Indonesia’s Forest and Other Land Use (FOLU) Net Sink 2030 Melalui Sinergi Sektor Kehutanan dan Sektor Industri.”

Tema ini diangkat sebagai bentuk manifestasi dari semangat dan optimisme KLHK yang mengajak seluruh Industri untuk bisa memberi kontribusi dan mengakselerasi implementasi pengendalian perubahan iklim di Indonesia.

Grup MIND ID sebagai BUMN Holding Industri Pertambangan di Indonesia mendorong anggotanya untuk terus melaksanakan praktik pertambangan yang mengutamakan keberlanjutan. Tidak hanya keberlanjutan dari sisi bisnis, namun juga pada upaya perlindungan keanekaragaman hayati dan ekosistem di sekitar wilayah tambang.

Hendi Prio Santoso selaku Direktur Utama MIND ID menyampaikan apresiasi yang tinggi pada KLHK untuk menggagas Expo ini, selain sebagai ajang edukasi ke masyarakat juga mampu meningkatkan komitmen Industri melaksanakan praktik yang bertanggung jawab.

“MIND ID terus berkomitmen menjalankan praktik pertambangan sesuai dengan prinsip good mining practice. Hal ini sebagai bentuk tanggung jawab Perusahaan dalam menghadirkan bisnis yang berkesinambungan,” ujar Hendi.

Komitmen ini selaras dengan upaya peningkatan pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan yang dikerjakan oleh PT Antam Tbk. Antam melakukan pengelolaan lingkungan sekitar wilayah operasional dan mendukun inisiatif Pemerintah dalam mencapai net zero Emission 2060 melalui beragam inisiatif program Enviromental, Social, dan Governance (ESG).

Antam secara akumulasi telah menanam sebanyak 4,99 juta pohon dengan area seluas 4.541 Hektar pada kawasan pasca tambang, wilayah aliran sungai (DAS), dan area pesisir  setidaknya selama 10 tahun terakhir.

“Reklamasi lahan tambang ini sebagai bentuk upaya perusahaan mengikuti regulasi dari pemerintah. Lahan yang ditambang merupakan hutan, harus dikembalikan seperti semula, menjaga kelestarian dan Ekosistemnya. Tadinya hutan, kita akan kembalikan lagi dengan hutan,” ungkap Syarief Faisal Alkadrie selaku Sekretaris Perusahaan Antam.

Melalui program ini pada periode Januari – Oktober 2022 mampu menurunkan efek gas rumah kaca sebesar 57,762 kilo ton CO2 ekuivalen 2,82% pada tahun lalu.

Tidak hanya dari sisi penghijauan, Antam juga terus mendorong program bertumbuh bersama Masyarakat Berdaya, dampaknya kehadiran Antam mampu mendorong pertumbuhan kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah operasi yang sejalan dengan mewujudkan kegiatan usaha secara berkelanjutan. Antara lain melalui program Pengembangan Kelapa Terpadu di wilayah Maluku Utara.

Selain Maluku Utara, Antam juga menjalankan program Mandiri Manak Kan Alam (Mamalam) di Kalimantan Barat, Penyediaan Bank Sampah Pintar di UBPP Logam Mulia, dan Pepeling Cisangku UBP Emas.

Sebagai informasi, melalui komitmen yang dijalankan ANTAM terhadap prinsip good mining practice, pada ajang Proper 2022 yang di selenggarakan oleh Kementerian LHK, ANTAM berhasil mendapatkan 5 Proper yang terdiri dari 3 Proper Hijau, dan 2 Proper Biru.

Pada Indogreen Expo 2023 ini Antam selain membawa UMKM binaannya, berupa pengrajin perak, Antam juga membagikan seratus bibit tanaman seperti dondong, jeruk, dan alpukat kepada masyarakat Yogyakarta. 

Tentang MIND ID

Holding Industri Pertambangan resmi dibentuk pada 27 November 2017 dengan menggunakan PT Indonesia Asahan Aluminimum (Persero) sebagai induk perusahaan yang memiliki mayoritas saham pada empat perusahaan industri tambang terbesar di Indonesia yaitu PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Timah Tbk dan PT Freeport Indonesia.

Pada 17 Agustus 2019, Holding Industri Pertambangan bertransformasi menjadi MIND ID (Mining Industry Indonesia) untuk membedakan fungsi INALUM sebagai Holding dan sebagai Operasional. Sebagai Pelopor Program Dekarbonisasi di Indonesia sekaligus Ujung Tombak Hilirisasi Produk Pertambangan, MIND ID mengelola sumber daya alam untuk peradaban, kemakmuran, dan masa depan yang lebih cerah.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Niko Chandra

Institutional Relations Head Division MIND ID

niko.chandra@mind.id

(021) 27938750

Hubungi MIND ID,
Tim kami akan membantu Anda

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang produk dan investasi, silahkan tinggalkan pesan atau menghubungi nomor yang tertera.

Hubungi Kami