Press Release

MIND ID Dukung Program Pelestarian Lingkungan Wujudkan Keberlanjutan

15 June 2022

Sawahlunto, 14 Juni 2022 - BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, atau Mining Industry Indonesia, yang beranggotakan di antaranya PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero) dan PT Timah Tbk, berkomitmen terhadap upaya pelestarian lingkungan khususnya di Sumatera Barat. MIND ID bersama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mendiskusikan potensi kolaborasi penanaman mangrove Pantai Padang Panjang, Sumatera Barat.

Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID, Dany Amrul Ichdan mengatakan: “MIND ID terus mendukung program-program strategis Pemerintah Daerah khususnya bidang keberlanjutan di sekitar wilayah operasional Grup MIND ID. Perusahaan memiliki mandat untuk mengelola sumber daya alam untuk peradaban, kemakmuran, dan masa depan yang lebih cerah melalui tata kelola lingkungan yang baik salah satunya adalah rencana penanaman Mangrove di Pantai Padang Panjang, Sumatera Barat”.

Inisiasi tersebut diperoleh saat Dany bersama dengan Direktur SDM PT Bukit Asam Tbk (Bukit Asam), Suherman melaksanakan kunjungan kerja ke Gubernur Sumatera Barat, H. Mahyeldi Ansharullah, S.P. bersama Walikota Sawahlunto, Deri Asta di Sawahlunto pada 14 Juni 2022. Potensi kolaborasi MIND ID dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Pemerintah Kota Sawahlunto di bidang keberlanjutan juga merupakan salah satu wujud komitmen terhadap pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) nomor 11 (Sustainable Cities and Communities), dan 15 (Life on Earth).

Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansharullah menyambut baik inisiasi kolaborasi strategis bidang pelestarian lingkungan tersebut dan berharap tidak hanya dalam rangka keberlanjutan bisnis, namun keberlanjutan peradaban kearah yang lebih baik di masa depan.

Komitmen Grup MIND ID dalam mewujudkan pelestarian lingkungan diwujudkan melalui target reklamasi lahan tambang. Di sepanjang tahun 2021, tercatat total area reklamasi seluas 5.814 hektar. Reklamasi Grup MIND ID merupakan refleksi atas komitmen pelaksanaan tata kelola dan praktik operasional yang baik. Reklamasi yang dilakukan adalah bagian dari siklus operasional penambangan Grup MIND ID dan akan terus dilakukan di sepanjang kegiatan operasional.

Di Sumatera Barat, Bukit Asam melaksanakan program keberlanjutan sebagai bentuk komitmen pencapaian SDGs. Di bidang pengembangan ekonomi masyarakat, Bukit Asam mengelola Rumah BUMN Sawahlunto yang menjadi wadah bagi UMKM untuk pengembangan produk seperti: madu, kopi, songket, dan sebagainya.

Selaras dengan semangat program presidensi G20 khususnya energi ramah lingkungan, Bukit Asam juga mengembangkan PLTS yang menyalurkan listrik ke fasilitas pompa irigasi pertanian masyarakat. Program ini merupakan wujud komitmen Grup MIND ID dalam mendukung ketahanan pangan sekaligus berperan aktif berkontribusi positif yang berdampak langsung kepada masyarakat khususnya di sekitar wilayah operaisonal.

Tentang MIND ID

Holding Industri Pertambangan resmi dibentuk pada 27 November 2017 dengan menggunakan PT Indonesia Asahan Aluminimum (Persero) sebagai induk perusahaan yang memiliki mayoritas saham pada empat perusahaan industri tambang terbesar di Indonesia yaitu PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Timah Tbk dan PT Freeport Indonesia. Pada 17 Agustus 2019, Holding Industri Pertambangan bertransformasi menjadi MIND ID (Mining Industry Indonesia) untuk membedakan fungsi INALUM sebagai Holding dan sebagai Operasional.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Heri Yusuf

SVP Corporate Secretary
PT Inalum (Persero) Holding Industri Pertambangan

Email: heri.yusuf@mind.id

www.mind.id

Hubungi MIND ID,
Tim kami akan membantu Anda

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang produk dan investasi, silahkan tinggalkan pesan atau menghubungi nomor yang tertera.

Hubungi Kami