Press Release

MIND ID Menjadi Anggota United Nations Global Compact (UNGC)

25 July 2022

Jakarta, 25 Juli 2022 - BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, atau Mining Industry Indonesia, yang beranggotakan di antaranya PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero) dan PT Timah Tbk menjadi salah satu anggota United Nations Global Compact (UNGC) pada tanggal 18 Juli 2022[1]. Status keanggotaan pada UNGC menunjukkan komitmen dan keseriusan MIND ID di tingkat global tentang pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) pada Tahun 2030.

UNGC diresmikan pada tahun 2000, saat itu berfokus untuk mendukung pencapaian Millenium Development Goals (MDGs). Setelah MDGs berakhir pada tahun 2015, UNGC mendukung Tujuan Pencapaian Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) pada Tahun 2030.

Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID Dany Amrul Ichdan mengatakan: “Dengan memasukkan Sepuluh Prinsip UNGC ke dalam strategi, kebijakan dan prosedur perusahaan, MIND ID tidak hanya menegakkan tanggung jawab dasar terhadap manusia dan planet, tetapi juga mempersiapkan Perusahaan untuk kesuksesan jangka panjang dan masa depan yang lebih baik.”

Status keanggotaan UNGC MIND ID berdasarkan Letter of Commitment yang dikirimkan MIND ID kepada General Secretary PBB pada tanggal 28 Juni 2022 yang berisi komitmen MIND ID untuk mendukung 10 Prinsip UNGC.

Sepuluh Prinsip UNGC terdiri dari Prinsip mengenai Hak Asasi Manusia, Tenaga Kerja, Lingkungan dan Anti Korupsi merupakan perwujudan dari The Universal Declaration of Human Rights, The International Labour Organization’s Declaration on Fundamental Principles and Rights at Work, The Rio Declaration on Environment and Development, dan The United Nations Convention Against Corruption.

 “Dengan menjadi anggota UNGC, MIND ID berdiri sejajar dengan perusahaan tambang dunia terkemuka lainnya selaras dengan rencana jangka panjang MIND ID untuk menjadi World Class Company yang memiliki komitmen keberlanjutan” ujar Dany.

MIND ID terus berkomitmen memastikan pengelolaan tambang yang efisien dan meminimalkan dampak lingkungan sesuai dengan praktik pertambangan yang terbaik (good mining practices).

Sebagai komitmen terhadap aspek lingkungan, sosial dan tata kelola perusahaan, MIND ID mendorong Anggota MIND ID untuk melaksanakan kegiatan operasional yang sesuai dengan peraturan yang berlaku dan mengadopsi standar internasional terkait pengelolaan pertambangan yang berkelanjutan. Untuk meningkatkan kinerja pengelolaan.

Keberlanjutan Environment, Social, and Governance (ESG) dan mendukung pencapaian SDGs, MIND ID memiliki Sustainability Framework yang berdasarkan kepada ISO 26000 sebagai Panduan Keberlanjutan, Prinsip Penambangan International Council on Mining and Metals (ICMM) sebagai Standar Kinerja Keberlanjutan dan GRI bersama SDGs sebagai struktur pengungkapan informasi kepada para pemangku kepentingan.

“Keberlanjutan menjadi salah satu fokus dan bagian dari strategi Grup MIND ID. Implementasi keberlanjutan di seluruh aspek termasuk menjadi anggota UN Global Compact dan mendukung pencapaian SDGs merupakan perwujudan dari Noble Purpose atau Tujuan Mulia MIND ID, yakni membangun peradaban, kesejahteraan dan masa depan yang lebih cerah,” tutup Dany.

Hubungi MIND ID,
Tim kami akan membantu Anda

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang produk dan investasi, silahkan tinggalkan pesan atau menghubungi nomor yang tertera.

Hubungi Kami