Press Release

MIND ID Pastikan Keamanan dan Kepuasan Pelanggan, Begini Strateginya

31 July 2023

Jakarta, 31 Juli 2023 – BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID berkomitmen untuk terus memastikan keamanan dan kepuasan pelanggan. Untuk mencapai hal itu, MIND ID memiliki beberapa strategi melalui penerapan standar keselamatan kerja yang ketat di seluruh area operasional, termasuk di tambang, pabrik pengolahan, dan pengiriman.

Seluruh produk yang dihasilkan oleh Anggota MIND ID telah dinilai kepatuhannya. Bahkan, selama tahun pelaporan tidak ditemukan adanya pelanggaran kepatuhan terkait dengan produk yang dihasilkan oleh Anggota MIND ID. Selain itu, juga tidak terdapat produk yang ditarik kembali.

"Kami berkomitmen untuk menjaga kepatuhan terhadap standar dan prosedur, khususnya terhadap persyaratan keamanan, kesehatan, dan kualitas produk," kata kata Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf.

Menurut Heri, Anggota MIND ID secara reguler juga melakukan survei untuk mengukur kepuasan pelanggan. Mereka juga memastikan bahwa produk dan layanan yang ditawarkan telah memenuhi atau melebihi harapan pelanggan. Hal ini merupakan salah satu bentuk komitmen MIND ID terhadap para pelanggannya.

Berdasarkan hasil survei, Anggota Grup MIND ID juga telah memperoleh nilai kepuasan pelanggan yang memuaskan. PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) mendapatkan skala 84,45 dari skala 100 untuk pelanggan logam mulia.

ANTAM juga mendapatkan angka tinggi dari pelanggan logam dasar, yakni 84,47 dari skala 100. Sementara itu, PT Indonesia Asahan Aluminium (INALUM) mendapatkan angka 99,35 dari skala 100.

Anggota MIND ID lainnya, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) berhasil memperoleh skor 3,57 dari skala 4. Sedangkan PT Timah Tbk mendapatkan skor 4,65 dari skala 5 untuk pelanggan luar negri dan skor 4,4 dari skala 5 untuk pelanggan dalam negeri.

Berdasarkan data skor kepuasan pelanggan tersebut, bisa disimpulkan bahwa kepuasan pelanggan terhadap Anggota MIND ID sangat baik. Hal itu sekaligus menunjukkan bahwa Anggota MIND ID memiliki kualitas pelayanan kepada pelanggan yang prima, sehingga pelanggan merasa puas dengan pelayanan Perseroan.

Sementara itu, secara umum Anggota MIND ID memiliki dua jenis pelanggan, yaitu individual atau retail dan institusional. Secara geografis, pelanggan tersebut berasal dari dalam dan luar negeri.

"Kami selalu memastikan agar hak setiap pelanggan dapat terpenuhi secara baik, terutama perlakukan setara untuk setiap pelanggan," ujarnya.

Selama tahun pelaporan, Anggota MIND ID tidak menerima keluhan atau pengaduan dari konsumen terkait pemasaran produk. Masing-masing Anggota MIND ID pun membuka saluran pengaduan bagi konsumen untuk memberikan masukan maupun menyampaikan keluhannya.

Umpan balik dari pelanggan tersebut juga dapat disampaikan melalui berbagai media. Para pelanggan dapat memberi masukan dan menyampaikan keluhan saat Perseroan melakukan presentasi, customer gathering, customer visit ke area penambangan dan area fasilitas pendukung, atau saat pertemuan langsung antara Perseroan dengan pelanggan.

Sementara itu, untuk konsumen retail bisa menyampaikan keluhan maupun umpan balik melalui kontak online yang tersedia pada website masing - masing Anggota Holding. Konsumen retail yang dimaksud misalnya seperti konsumen pembelian logam mulia dari ANTAM yang dipasarkan secara daring maupun langsung di Butik Emas Logam Mulia yang tersebar di 11 kota besar di Indonesia.

Dengan adanya sarana tersebut, pelanggan dan Perseroan bisa saling berkomunikasi untuk dapat memberikan pelayanan terbaik sesuai keinginan pelanggan. Selama tahun pelaporan, seluruh keluhan dan pengaduan dari pelanggan yang diterima oleh masing-masing Anggota MIND ID pun telah direspons seluruhnya untuk ditindaklanjuti secara seksama.

Hubungi MIND ID,
Tim kami akan membantu Anda

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang produk dan investasi, silahkan tinggalkan pesan atau menghubungi nomor yang tertera.

Hubungi Kami