Press Release

Peduli Korban Bencana, Grup MIND ID Lakukan Aksi Tanggap Darurat

21 October 2022

Jakarta, 21 Oktober 2022. Beberapa bencana alam melanda sebagian lokasi di negeri ini. Mulai dari banjir yang disebabkan cuaca ekstrim hingga gempa bumi. Grup MIND ID kembali memberikan sejumlah bantuan kepada beberapa korban, sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan di sekitar operasional Perusahaan.

Bencana angin puting beliung menimpa Dusun Pejem, Desa Gunung Pelawan, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka (15/10/2022), yang menyebabkan belasan rumah warga rusak. Sebagian masih dapat ditempati, namun dengan perbaikan serius, dan sebagian hancur total. PT Timah Tbk menyerahkan bantuan pangan dan bahan material untuk memperbaiki rumah warga yang terdampak bencana.

Bantuan diserahkan oleh Sekretaris Unit Produksi Laut Bangka kepada Kepala Desa Gunung Pelawan Tjhiung Kim, Senin (17/10/2022). Gerak cepat yang dilakukan PT Timah Tbk, menjadi komitmen dalam membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan.

"Peristiwa yang terjadi ini kami sampaikan ke berbagai stakeholder maupun instansi, dan Alhamdullilah PT Timah Tbk sangat cepat responnya untuk membantu warga kami," kata Tjhiung.

Desa Sopora, di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara juga mengalami hal yang sama. Cuaca dan angin kencang menyebabkan beberapa pohon besar tumbang dan mengenai rumah warga (17/10/2022). Kesiapan dan kepedulian PT Aneka Tambang (Antam) Tbk Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Kolaka dalam proses penanggulangan bencana diapresiasi oleh Kepala Desa Sopura, Sundu Bao.

“Baru-baru ini, beberapa warga kami mendapat musibah. Sebagian besar rumahnya hancur ditimpa pohon besar saat angin kencang. Kejadiannya di malam hari. Saat itu saya langsung menghubungi pihak Antam dan Alhamdulillah besok paginya mereka langsung datang berkunjung ke lokasi untuk mendata, lalu memberikan bantuan yang diperlukan,” ungkap Bao.

PT Antam Tbk memberikan bantuan berupa atap seng, semen dan bahan bangunan lainnya. Warga menyambut gembira dan bergotong-royong untuk mengerjakan rumah warga yang hancur ini agar kembali layak untuk ditinggali.

Berbeda cerita dengan wilayah Tapanuli Utara yang pada awal bulan Oktober 2022, juga tertimpa musibah berupa bencana alam gempa bumi. PT Inalum (Persero) menyalurkan berbagai bantuan kemanusiaan untuk masyarakat yang menjadi korban dari Bencana Gempa Bumi tersebut.

Bantuan yang diserahkan PT Inalum (Persero) ini merupakan langkah aksi cepat perusahaan dalam menjadi rekan pemulihan pasca bencana di kawasan sekitar operasional perusahaan. Bantuan yang diserahkan berupa sembako dan juga 108 item bantuan obat-obatan kepada RSUD Tapanuli Utara.

Dany Amrul Ichdan selaku Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID mengatakan: “MIND ID selalu berkomitmen untuk menjadi mitra masyarakat dalam hal pemulihan pasca bencana, terutama di sekitar wilayah operasional pertambangan. MIND ID selaku Holding Industri Pertambangan Indonesia melakukan langkah-langkah konkret untuk berkontribusi nyata kepada masyarakat serta menjaga keberlanjutan bisnis.”

Hubungi MIND ID,
Tim kami akan membantu Anda

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang produk dan investasi, silahkan tinggalkan pesan atau menghubungi nomor yang tertera.

Hubungi Kami