Press Release

Parallel Event G20 Presidency of Indonesia yang mengangkat tema “The Role of Coal Industry Towards Energy Transition and Circular Economy”

Pemerintah Bahas Transisi Energi di Parallel Event G20 bersama Grup MIND ID

29 August 2022

Bali, 29 Agustus 2022 - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) sebagai bagian dari BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, yang fokus mengelola komoditi Batu Bara, bekerja sama dengan Kementerian ESDM RI menyelenggarakan The 3rd Energy Transition Working Group Meeting – Parallel Event G20 Presidency of Indonesia yang mengangkat tema “The Role of Coal Industry Towards Energy Transition and Circular Economy”.

Acara yang digelar di Hotel Westin pada Senin (29/8/2022) ini dibagi menjadi 2 sesi, yaitu Mini Innovation Workshop dan Executive Talkshow. Transisi energi menjadi salah satu isu prioritas pada Presidensi G20 Indonesia tahun 2022 dengan fokus utama terhadap akses, teknologi, dan pendanaan.

Sesi Executive Talkshow adalah wadah untuk menggali ide dan praktik yang telah dilaksanakan sebagai langkah pengembangan bersama dalam mendukung transisi energi yang berkelanjutan dengan memperhatikan ekonomi sirkular. Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin yang membuka sesi dengan menegaskan, transisi energi tidak harus meniadakan batu bara. Dengan inovasi teknologi, emisi dari batu bara bisa ditekan sehingga target Net Zero Emission pada 2060 tetap bisa dicapai, sehingga industri batu bara dapat mendukung transisi energi yang berkelanjutan.

"Mari kita berpikir dengan cara yang lain. Kata kuncinya transisi energi berkelanjutan. Net Zero Emission pada 2060 itu lah skenario besar yang harus kita rumuskan dengan langkah tidak biasa-biasa saja. Kuncinya adalah inovasi. Selain itu, penting untuk memperhatikan aspek keterjangkauan dan penguasaan teknologi," katanya.

Dalam Executive Talkshow ini, hadir juga Staf Ahli Menteri ESDM Bidang Perencanaan Strategis selaku Chair Energy Transition Working Group (ETWG) G20 Yudo Dwinanda Priadi, Direktur Pengembangan Usaha MIND ID Dilo Seno Widagdo, para pimpinan perusahaan pertambangan batu bara, hingga para akademisi dan pimpinan lembaga penelitian.

Dilo Seno Widagdo selaku Direktur MIND ID mengatakan: “MIND ID Mendukung segala bentuk inovasi dan perbaikan berkelanjutan guna mewujudkan terciptanya bisnis yang berkesinambungan. Selain itu, juga perlu adanya kolaborasi dengan masyarakat sekitar wilayah tambang, sehingga hadirnya MIND ID ditengah masyarakat bisa membentuk peradaban yang lebih baik, untuk saat ini dan di masa mendatang.”

Selanjutnya, sesi Mini Innovation Workshop memfasilitasi keterbukaan inovasi untuk penurunan emisi dan transisi energi secara komprehensif dari berbagai pemangku kepentingan yang berkaitan. Diharapkan muncul dukungan, kolaborasi, partisipasi aktif, dan ide-ide dari para pemangku kepentingan untuk memperkuat semangat inovasi dan menyeleraskan tujuan bersama mencapai penurunan emisi global.

Hadir dalam sesi Workshop ini, antara lain Kepala Pusat Riset Teknologi Pertambangan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Anggoro Tri Mursito, Direktur Sumber Daya Manusia PTBA Suherman, para pimpinan asosiasi pertambangan, Dewan Juri dan Advisor Bukit Asam Innovation Awards 2022 Greenovator, para pimpinan lembaga penelitian dan perusahaan rintisan teknologi, dan para pemuda delegasi Y20.

Mini Workshop ini mencari solusi untuk mendukung penurunan emisi, terutama pentingnya inovasi untuk menciptakan carbon capture, utilization, and storage (CCUS) dengan biaya yang lebih terjangkau. Selain itu, para peserta workshop sepakat bahwa pemanfaatan lahan pasca tambang harus mempertimbangkan aspek sosial dan ekonomi, serta tak hanya ramah lingkungan, tapi juga sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat, sehingga tepat guna dan tepat sasaran.

"Hadirnya Bapak dan Ibu para ahli, akademisi, praktisi pengelolaan lingkungan, dan para generasi muda terbaik yang tergabung dalam Y20 juga akan dapat memberikan pandangan dan masukan bagi kita bersama guna terlaksananya transisi energi yang berkelanjutan dengan tetap memperhatikan ekonomi sirkular. Partisipasi, sinergi, dan kolaborasi dari semua pihak tentunya akan semakin mempermudah dan mempercepat langkah kita menuju target yang telah ditetapkan," kata Direktur Utama PTBA, Arsal Ismail.

Kedua kegiatan ini memberikan kesimpulan bahwa transisi energi membutuhkan perencanaan dan persiapan matang. Dibutuhkan juga komitmen semua pemangku kepentingan agar program-program transisi energi yang berkelanjutan bisa berjalan sesuai target. MIND ID bersama anggotanya: PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero), PT Timah Tbk sepakat menjalankan Noble Purpose: “We explore natural resources for civilization, prosperity and a brighter future.” Selain menjadi perusahaan kelas dunia, perlu di catat bahwa MIND ID mendukung tercapainya Net Zero Emission pada tahun 2060, sesuai dengan target Pemerintah Indonesia.

 

Hubungi MIND ID,
Tim kami akan membantu Anda

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang produk dan investasi, silahkan tinggalkan pesan atau menghubungi nomor yang tertera.

Hubungi Kami