Press Release

Presiden Jokowi memiliki program kerja kunjungan ke wilayah Timur, tepatnya di Papua. 

Presiden Jokowi Melihat Sejarah Pertambangan Grup MIND ID di Mimika, Papua

1 September 2022

Papua, 1 September 2020. Presiden Jokowi memiliki program kerja kunjungan ke wilayah Timur, tepatnya di Papua. Setelah kemarin (31/08) meresmikan Papua Football Academy (PFA) yang di gagas oleh PT Freeport Indonesia (PTFI) sebagai bentuk tindak lanjut kesuksesan PON XX tahun 2021, kini gilìran Presiden Jokowi bersama Ibu Iriana berkunjung ke Museum Bunaken.

Museum Bunaken merupakan museum yang terdapat di Grasberg, disini Presiden Jokowi dan Bu Iriana didampingi oleh Direktur Utama PTFI, Tony Wenas, dan Presiden Komisaris PTFI, Richard Adkerson. Turut hadir mendampingi Presiden, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia.

Selama 2 jam Presiden berbincang dan mendengarkan penjelasan mengenai sejarah tambang PTFI. Tony menjelaskan bahwa Grasberg adalah tambang kedua, sedangkan tambang pertama adalah Ertsberg.

“Sekarang di kedua tambang itu sudah tidak ada lagi penambangan?” tanya Presiden.

“Sudah tidak ada penambangan 100 persen di Etsberg dan Grasberg. Sekarang sedang reklamasi dan kita menjaga kestabilan lerengnya,” jawab Tony.

PTFI dan bersama anggota Grup MIND ID, sebagai BUMN Holding Industri Pertambangan berkomitmen untuk menjaga kelestarian dan kesinambungan alam. Sejalan dengan sustainable Pathway MIND ID dimana pada pilar pertama yaitu mendorong pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan sesuai dengan regulasi nasional dan standar international.

Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID, Dany Amrul Ichdan mengatakan: “MIND ID menjaga komitmen untuk melakukan segala praktik pertambangan sesuai dengan prinsip good mining practice.” Hal ini juga dibuktikan dengan beberapa waktu lalu MIND ID bergabung dengan United Nation Global Compact (UNGC). UNGC merupakan pakta PBB untuk mendorong bisnis dan Perusahaan di dunia agar mengadopsi kebijakan berkelanjutan dan bertanggung jawab secara sosial.

Selesai dari Museum Bunaken di Grasberg, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana kemudian bersama rombongan melanjutkan perjalanan menuju pertambangan bawah tanah.

Hubungi MIND ID,
Tim kami akan membantu Anda

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang produk dan investasi, silahkan tinggalkan pesan atau menghubungi nomor yang tertera.

Hubungi Kami