Press Release

 MIND ID kembali menorah prestasi dalam ajang PR Excelence Award 2022 yang diadakan oleh PERHUMAS 

Program Industri Kelapa Terpadu Maluku Utara Binaan PT ANTAM Tbk Raih Penghargaan PERHUMAS 2022

16 December 2022

Jakarta, 16 Desember 2022 – Holding Industri Pertambangan Indonesia, MIND ID kembali menorah prestasi dalam ajang PR Excelence Award 2022 yang diadakan oleh PERHUMAS Indonesia pada 15 Desember 2022 di Jakarta Theatre, Jakarta Pusat. Program Industri Kelapa Terpadu Maluku Utara binaan PT ANTAM Tbk (ANTAM) meraih Penghargaan Runner Up 2 untuk Kategori Social/Corporate Social Responsibility.

Kepala Divisi Institutional Relations MIND ID Niko Chandra menyebutkan bahwa penghargaan ini merupakan apresiasi atas kerja keras keluarga besar MIND ID yang selama ini berkomitmen dalam memberikan manfaat yang berkelanjutan kepada masyarakat. 

"Keluarga besar MIND ID mengucapkan terima kasih atas apresiasi ini. Komitmen perusahaan dalam memberikan manfaat berkelanjutan sesuai dengan pilar SDG's bisa diakui, diapresiasi, dan diberikan kehormatan dalam sebuah ajang penghargaan seperti ini. Kami berharap bahwa program CSR Grup MIND ID senantiasa mendapatkan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan," ujar Niko. 

Program Industri Kelapa Terpadu Maluku Utara merupakan salah satu program CSR/TJSL yang digagas oleh salah satu Anggota MIND ID, yaitu ANTAM yang berkolaborasi dengan Lembaga Varamau. Program ini merupakan program pemanfaatan limbah sabut kelapa menjadi aneka produk olahan bernilai ekonomi tinggi. Produk tersebut antara lain Coconet yaitu serabut kelapa yang dipilin berfungsi untuk mencegah tanah dari longsor dan erosi, Cocopeat yang digunakan sebagai media tanam pada lahan reklamasi, dan Cocopot yaitu pot tanaman sebagai pengganti polybag sehingga lebih ramah lingkungan. 

ANTAM memilih program tersebut karena melimpahnya komoditas kelapa yang potensinya belum tergarap maksimal oleh masyarakat setempat, tingginya limbah kelapa, dan harga kopra yang rendah sehingga ANTAM memberikan alternatif lain dalam meningkatkan ekonomi yang berasal dari komoditas kelapa. Sebagai komitmen perusahaan dalam membantu pengembangan program tersebut, ANTAM melakukan pembelian secara langsung produk Coconet dan Cocopeat untuk keperluan reklamasi lahan bekas tambang sebanyak 3.764 roll atau 188.200 m2. Nilai tersebut setara dengan efisiensi mencapai Rp 1.246.900.000 dibandingkan pembelian Coconet dari pemasok lain. 

Niko menyebut, program ini sudah berjalan selama 5 tahun dan sudah diprogramkan sesuai dengan Sustainability Pathway MIND ID Holding yang sesuai dengan visi keberlanjutan SDG's 2030 dan Pemerintah Indonesia. 

"Program Industri Kelapa sudah digagas oleh ANTAM sejak tahun 2018 dan akan terus berkelanjutan. Program dimulai dengan assesment, pendampingan, hingga peningkatan kelas dan kualitas dari produk sehingga pembinaan dilakukan secara holistik. Langkah-langkah tersebut sesuai dengan Sustainability Pathway MIND ID yaitu Environment & Climate Change (pengelolaan lingkungan), dan Economic Development (pengembangan ekonomi masyarakat)," tutup Niko. 

Dalam program Sustainability Pathway, MIND ID memiliki 6 pilar sesuai dengan panduan SDG's 2030 yaitu Environment & Climate Change, Smart Operations, People, Community and Society, Economic Development, dan Governance. Dengan 6 pilar tersebut, MIND ID dan seluruh Anggota MIND ID berharap bisa mewujudkan Best-In-Class Sustainable Mining and Metal Company pada 2035.

Hubungi MIND ID,
Tim kami akan membantu Anda

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang produk dan investasi, silahkan tinggalkan pesan atau menghubungi nomor yang tertera.

Hubungi Kami