Press Release

Sambut Momen HUT RI, Grup MIND ID PT Antam Rilis Koleksi Perak dan Emas Seri Indonesian Heritage

28 July 2023

Jakarta, 28 Juli 2023 – Anggota Grup MIND ID, PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) merilis seri produk perak dan emas terbaru bernama Indonesian Heritage. Tema tersebut dikenalkan ke publik sebagai bentuk momentum peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78. 

Seri produk perak dan emas Indonesian Heritage tersebut menjadikan anggota Grup MIND ID, PT ANTAM Tbk untuk pertama kalinya memproduksi enam desain perak batangan premium dengan berat 31,103 gram. Sedangkan untuk produk emas Gift Series akan dirilis dalam empat desain dengan masing-masing berat 0,5 gram. 

Sekretaris Perusahaan BUMN Industri Pertambangan MIND ID, Heri Yusuf mengatakan pemilihan tema Indonesian Heritage tersebut sebagai bentuk apresiasi dan penghormatan terhadap kekayaan warisan budaya serta mendukung keistimewaan di beberapa daerah strategis di Tanah Air. 

"MIND ID melalui anak perusahaannya, PT ANTAM Tbk meluncurkan produk perak dan emas bertema Indonesian Heritage sebagai bentuk penghormatan dan apresiasi terhadap warisan budaya Indonesia yang sangat beragam dan istimewa," kata Heri. 

Sementara itu, Direktur Operasi dan Produksi PT ANTAM Tbk, Hartono mengatakan di antara desain yang akan ditampilkan dalam seri produk emas dan perak tersebut adalah lanskap ikon dari beberapa daerah yang memiliki nilai sejarah dan perjuangan bangsa Indonesia seperti Tugu Monas yang akan terpahat dalam produk perak batangan seri Indonesian Heritage. 

"Sementara pada produk Emas Gift Series, beberapa lanskap destinasi pariwisata digunakan sebagai desain untuk menunjukkan keindahan Indonesia dan warisan budayanya," kata Hartono. 

Pada peluncuran seri produk emas dan perak terbarunya, anggota Grup MIND ID, PT ANTAM Tbk akan menghadirkan perbedaan mencolok, khususnya melalui produk perak batangan yang ditujukan untuk memenuhi permintaan dan ekspektasi pelanggan. 

"Kami mengharapkan produk seri Indonesian Heritage dapat mendukung kinerja dan target penjualan perusahaan. Produk ini juga diyakini akan menjadi koleksi berharga dalam jangka panjang dan tak lekang oleh waktu," katanya. 

Untuk dimensi perak batangan seri Indonesia Heritage tersedia dalam ukuran 42,5 mm x 25,5 mm dengan enam desain landmark kota-kota strategis indonesia meliputi Tugu Monas dari DKI Jakarta, Barong dari Bali, Patung Sura & Baya dari Surabaya, Gedung Sate dari bandung, Jembatan Ampera dari Palembanga, dan Kapal Pinisi yang merepresentasikan Kota Makassar. 

Perak batangan seri Indonesian Heritage tersebut dibuat menggunakan teknologi canggih dengan fitur keamanan berupa microtext tertera tulisan 2023 pada bagian motif, rainbow effect, latent image, dan QR code. Sementara produk emas Gift Series dilengkapi dengan microtext, invisible ink, dan QR code.

Microtext merupakan kode khusus berukuran mini pada permukaan emas ataupun perak yang diproduksi dengan tingkat akurasi tinggi sehingga tidak bisa dipalsukan. Sementara rainbow effect akan memberikan citra khusus pada permukaan perak batangan dan latent image merupakan gambar tersembunyi yang hanya terlihat saat perak batangan dilihat dari sudut tertentu. 


Adapun invisible ink adalah semacam tinta khusus yang memiliki keunggulan hanya akan terlihat di bawah sinar UV. Penempelan QR code pada permukaan emas dan perak batangan seri Indonesian Heritage dimaksudkan untuk memudahkan pelanggan mendapat informasi tentang produk-produk logam mulia lainnya. 

Produk emas Gift Series akan hadir dalam empat desain yakni Candi Borobudur dari Jawa Tengah, Danau Toba dari Sumatera Utara, Topi Bluko Dayak dari Kalimantan, dan Tugu Zapin yang merepresentasikan Kepulauan Riau. 

Perak batangan Indonesia Heritage disajikan dalam dua varian yakni single sebanyak 2.400 keping dan complete sebanyak 600 set. Sementara untuk produk emas Gift Series juga akan diproduksi secara terbatas. Sebagai barang koleksi, produk emas dan perak Indonesian Heritage tersebut akan semakin bernilai tinggi di masa yang akan datang. 

Produk Indonesia Heritage bisa diperoleh di seluruh jaringan Butik Emas Logam Mulia yang berada di 12 kota serta melalui pembelian daring di website resmi www.logammulia.com, serta official store "Butik Emas ANTAM Official" di marketplace Tokopedia, Shopee, TikTok Shop, dan Blibli.

Hubungi MIND ID,
Tim kami akan membantu Anda

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang produk dan investasi, silahkan tinggalkan pesan atau menghubungi nomor yang tertera.

Hubungi Kami