Press Release

Umumkan Juara MEDIA MIND 2022, MIND ID Apresiasi Kontribusi Insan Pers

8 December 2022

Jakarta, 08 Desember 2022 – Holding Industri Pertambangan Indonesia atau MIND ID memberikan penghargaan kepada rekan-rekan Insan Pers yang menjadi pemenang dalam Kompetisi Jurnalistik MediaMIND. Penghargaan dilakukan dalam Malam Penghargaan MediaMIND yang berlangsung di Soehanna Hall Jakarta Selatan (08/12). Kompetisi berlangsung selama satu bulan sejak 9 September hingga 27 November 2022 diselenggarakan secara nasional dan mempertandingkan 4 kategori mulai dari karya foto jurnalistik, hardnews hingga video dan feature.

Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID Dany Amrul Ichdan menyebutkan bahwa kegiatan penghargaan tersebut merupakan salah satu langah MIND ID sebagai sebuah bagian dari Indonesia untuk memberikan apresiasi dan silaturahmi antara perusahaan dengan insan pers.

“Kompetisi Jurnalistik Media Mind 2022 merupakan momen silaturahmi antara MIND ID dan Anggota Holding Industri Pertambangan kepada para Insan Pers yang telah berkolaborasi dan bermitra. Kami berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap pihak yang hadir baik itu dari perwakilan media, dewan juri, dan rekan-rekan insan media yang telah berkompetisi  dan menjadi bagian dari kegiatan ini dengan sepenuh hati,” ujar Dany.

Kompetisi Jurnalistik Media Mind 2022 merupakan bentuk apresiasi MIND ID terhadap jurnalis Indonesia yang sudah membantu MIND ID dalam menyampaikan informasi mengenai pengembangan pertambangan di  Indonesia dan selalu setia memberikan pemberitaan positif serta mengabadikan moment-moment di dunia pertambangan di Indonesia dengan sangat baik. Dengan format lomba karya jurnalistik, MEDIA MIND 2022 hadir dengan tema utama “Hasil Tambang Untuk Kehidupan” dengan sub tema: Meningkatkan Pertumbuhan Eksplorasi Dan Produksi; Digitalisasi Industri Pertambangan; Membangun Aset Hilirisasi Berskala Global; Aliansi Strategis Untuk Ekspansi Bisnis Hilirisasi; Optimasi Portofolio Dan Keberlanjutan.

Para peserta merupakan insan pers yang berasal dari media-media di Indonesia. Para peserta bisa berkompetisi dengan memilih satu kategori dari empat kategori yang diperlombakan yaitu:  Karya Tulis Hard News; Karya Tulis Feature; Konten Televisi; Foto Tunggal. Tercatat, ada 180 karya yang masuk dan dipertandingkan dari 75 insan pers. Dalam total tersebut, 74 karya merupakan Hard News, 32 karya Features, 13 Karya Konten Televisi, dan 61 Karya Foto Jurnalistik.

Dalam proses penilaian, juri terdiri dari 4 sosok yang dekat dengan media dan industri pertambangan seperti Wisnu Nugroho (Kompas), Komaidi Notonegoro (Direktur Eksekutif ReforMiner Institute), Oscar Matullah (Kepala Divisi Museum dan Galeri Foto Jurnalistik ANTARA Kantor Berita ANTARA), dan Carlos Pardede (Executive News Producer at SCTV).

Wisnu Nugroho selaku perwakilan Dewan Juri yang juga merupakan Pemimpin Redaksi Kompas(dot)com menyebut bahwa keberadaan media di Indonesia saat ini memiliki fungsi sebagai penyaring informasi karena memiliki kode etik jurnalistik. Sehingga media memerlukan status verifikasi. Oleh karena itu, MIND ID harus menyebarkan semangat perusahaan yang begitu baik kepada media-media yang terverifikasi.

"Media menjadi kelompok yang memiliki kode etik dalam penyebaran informasi. Hal tersebut menjadikan media sebagai badan yang harus bisa memverifikasi. Oleh karena itu jurnalis bisa mengambil peran yang begitu penting yaitu memberikan pengetahuan dan memberikan pemahaman dan bukan memberikan kecemasan kepada masyarakat,” ujar Wisnu.

Kegiatan yang berlangsung pada Kamis, 7 Desember 2022 juga mengundang beberapa Pemimpin Redaktur dari media-media terkemuka di Indonesia seperti Maria Yuliana Benyamin (Bisnis Indonesia), Irfan Junaidi (Republika), ME Aditya Laksmana Yudha (Beritasatu), Dudi Rahman (Dunia Energi), Akhmad Munir (LKBN ANTARA), Titin Rosmasari (CNN Indonesia), Riki Handayani (Rakyat Merdeka).

 

Hubungi MIND ID,
Tim kami akan membantu Anda

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang produk dan investasi, silahkan tinggalkan pesan atau menghubungi nomor yang tertera.

Hubungi Kami